Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Media Bahan Manipulatif

1 min read

Media Bahan Manipulatif

A. Pengertian Bahan Manipulatif

Gatot Muhsetyo, dkk (2007: 2. 31) mendefinisikan bahwa “Bahan manipulatif adalah bahan yang dapat dimanipulasikan dengan tangan, diputar, dipegang, dibalik, dipindah, diatur atau ditata atau dipotong-potong”. Dari pendapat tersebut dapat dipahami bahwa bahan manipulalatif yaitu bahan yang dapat dimain-mainkan dengan tangan. Alat ini terkait langsung dan bagian dari penjelasan konsep uraian-uraian materi yang disampaikan.

B. Fungsi Bahan Manipulatif

Bahan manipulatif berfungsi untuk menyederhanakan konsep-konsep yang sulit atau sukar, menyajikan bahan yang relatif abstrak menjadi lebih nyata, menjelaskan pengertian atau konsep secara lebih konkrit, menjelaskan sifat-sifat tertentu yang terkait dengan pengerjaan hitung dan sifat-sifat bangun geometri, serta memperlihatkan fakta-fakta (Gatot Muhsetyo, dkk, 2007: 2. 20).

C. Contoh Bahan Manipulatif

Contoh bahan manipulatif, jenisnya kertas, karton, kelereng, kerikil, manik-manik, buku, pensil, butiran, kayu, kawat, lidi atu bungkus makanan (Gatot Muhsetyo, dkk, 2007: 4. 21).

a) Bahan Manipulatif dari Kertas

Bahan kertas ini mudah diperoleh dengan warna yang beragam, dari kertas manila yang dibeli di toko atau dari bekas berbagai sampul tak terpakai, dari karton pembungkus makanan atau minuman.

“Manfaat dari bahan manipulatif kertas atau karton ini antara lain untuk menjelaskan pecahan (Gatot Muhsetyo, dkk, 2007: 2.21)”. Konsep pecahan m/n senaga m bagian dari n bagian yang sama, dapat didemonstrasikan guru, atau dipraktekkan siswa, dengan menggunakan berbagai bangun geometri, misalnya persegi, persegi panjang, jajarangenjang, belah ketupat, segitiga, lingkaran, dll.

b) Bahan Manipulatif dari Kayu

Bahan dari kayu ini dapat dihias dengan berbagai warna yang menarik untuk menjelaskan konsep numeral, kesamaan bilangan, dan operasi bilangan bulat.

c) Bahan Manipulatif dari Lidi

Pecahan dapat dimanipulasikan dengan lidi dengan warna yang menarik digunakan untuk menjelaskan konsep satuan, puluhan, ratusan untuk siswa SD kelas rendah.

d) Bahan Maniplatif dari Kertas Bertitik atau Berpetak

Kertas bertitik dapat bersifat persegi atau bersifat isometri. Model ini dapat digunakan untuk menjelaskan banyak hal yang terkait dengan geometri. Menjelaskan bangun datar dan sifat-sifatnya, hubungan antar bangun datar  dan luas bangun datar.

Unsur-Unsur Dasar Karya Musik

Unsur Dasar Karya Musik Persyaratan dasar dalam mengarang lagu, antara lain sebagai berikut. a. Bakat Bakat adalah kompetensi dasar yang di miliki manusia sejak...
Wahidah Rahmah
4 min read

Desain Penelitian Eksperimen Quasi The Time Series

Pengertian Penelitian Eksperimen Quasi The Time Series Eksperimen Penelitian dengan melakukan percobaan terhadap kelompok eksperimen, kepada tiap kelompok eksperimen dikenakan perlakuan-perlakuan tertentu dengan kondisi-kondisi...
Ahmad Dahlan
4 min read

Desain Penelitian Non Equivalent Control Group

Non Equivalent Control Group Non equivalent control group design adalah hampir sama dengan pretest-posttest control group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok...
Ahmad Dahlan
4 min read

Leave a Reply