RPS Pendidikan Kewarganegaraan

1 min read

Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaran

A. Identitas RPS

  1. Mata Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan

B. Capaian Pembelajaran Lulusan

1. CPL Prodi

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  3. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  4. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

2. CPMK

  1. Memahamisubstansi pendidikan kewarganegaraan untuk memiliki kepribadian Indonesia , membangun rasa kebangsaan dan mencintai tanah air, sehingga menjadi warga negara yang baik dan terdidik (smart and good citizen) dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang demokratis.
  2. Memahami korelasi pendidikan kewarganegaraan dengan nilai-nilai kehidupan sehingga menjadi warganegara yang berkepribadian Indonesia memiliki daya saing, berdisiplin dan berpartisifasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.
  3. Memahami aplikasi konsep kewarganegaraan, untuk menjadikan warga negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan negara, warga negara yang demokratis yaitu warga negara yang cerdas, berkeadaban dan dan bertanggung jawab bagi kelangsungan hidup negara Indonesia dalam mengamalkan kemampuan ilmu pengetahun, teknologi dan seni yang dimilikinya.
  4. Memahami kontribusi kewarganegaraan dalam membentuk tata sikap dan tata nilai: menghargai ke-bhinekaan, mampu bekerjasama, memiliki sifat amanah, kepekaan social dan kecintaan yang tinggi terhadap masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

3. Peta CPL

CPL 1CPL 2CPL 3CPL 4
CPMK 1 / SUB CPMK 1
CPMK 2 / SUB CPMK 2
CPMK 2 / SUB CPMK 2
CPMK 2 / SUB CPMK 2

C. Deskripsi Mata Kuliah

Kewarganegaraan (Kwn) pada dasarnya membahas tentang ke-Indonesiaan yakni: menjadi warga negara yang berkepribadian Indonesia, membangun rasa kebangsaan dan mencintai tanah air Indonesia, dengan demikian akan dapat menjadi warga negara yang baik dan terdidik ( Smart and good citizen) dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang demokratis.

D. Bahan Kajian

  1. Hakikat dan tantangan KWN
  2. Negara: Konstitusi dan Demokrasi
  3. Penegakan Hukum: Hak dan Kewajiban Warga Negara, Kepastian dan Keadilan Hukum
  4. Identitas dan Integrasi Nasional
  5. Wawasan Nusantara dan Otonomi Daerah
  6. Ketahanan Nasional Dan Bela Negara
  7. Pendidikan Anti Korupsi

Makalah Sumber Hukum Islam

Sumber Hukum Islam Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Hukum islam merupakan istilah khas di Indonesia,sebagai terjemahan dari al-fiqh al-islamy atau dalam keadaan konteks tertentu dari as-syariah...
Wahidah Rahmah
13 min read

Makalah Gotong Royong

Gotong Royong Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang...
Ahmad Dahlan
12 min read

Subtansi Filsafat Sebagai Ilmu

Filsafat sebagai landasan pemikiran Menurut pengertian umum, filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakikat segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran. Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang hakikat....
Ahmad Dahlan
2 min read

Leave a Reply