Efek Subtitusi dan Pendapatan dari Perubahan Harga

1 min read

Efek Subtitusi dan Pendapatan

Adanya kenaikan harga suatu barang akan mendorong penurunan jumlah barang yang diminta jika kandungan berkah pada barang tersebut tidak berubah, pada dasarnya perubahan dapat diuraikan menjadi dua hal:

1. Pendapatan

Efek pendapatan adalah perubahan jumlah barang diminta sebagai akibat adanya perubahan pendapatan riil konsumen. Perubahan pendapatan ini bisa terjadi karena adanya perubahan suatu barang maupun perubahan pendapatan nominal yang diterima. Misalnya terjadi kenaikan harga suatu barang X, sedangkan harga barang lain tidak berubah, maka konsumen memiliki kemampuan untuk membeli barang X dalam jumlah yang lebih besar meskipun pendapatan nominalnya tidak berubah. Tambahan pembelian X akibat naiknya pendapatan riil inilah yang disebut dengan efek pendapatan.

Pada umumnya, barang yang halal dan thayyib, pendapatan ini memiliki dampak positif terhadap permintaan. Semakin tinggi pendapatan riil konsumen, maka akan semakin tinggi jumlah barang yang diminta. Dengan kata lain adanya peningkatan harga suatu barang akan memiliki efek pendapatan yang negatif (menurunkan jumlah barang yang diminta) karena pendapatan riil konsumen mengalami penurunan.

2. Efek Substitusi

Efek substitusi adalah perubahan jumlah barang X yang diminta sebagai akibat adanya perubahan permintaan terhadap barang lain. Sebagai misal jika harga barang X naik, maka konsumen akan menambah konsumsi terhadap barang lainnya. Seorang konsumen Muslim hanya akan berpindah mengkonsumsi dari suatu barang menuju barang lainnya, jika mashlahah total yang diharapkannya akan meningkat. Meningkatnya mashlahah total ini hanya akan terjadi jika kandungan mashlahah pada salah satu barang meningkat, baik mashlahah yang berbentuk manfaat (duniawi) maupun kandungan berkahnya.

Adanya kenaikan harga suatu barang bisa dipandang sebagai konsumen akan mendapatkan manfaat yang lebih rendah atas barnga yang dibelinya. Namun demikian, seorang agen Muslim tidak secara otomatis akan menurunkan jumlah permintaannya ketika harga barang meningkat karena ia masih mempertimbangkan mashlahah lainnya yang akan ia peroleh.

Makalah Model Pembelajaran Inquiry

Model Pembelajaran Inkuiri Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Perkembangan zaman menuntut berbagai kemajuan di semua bidang. Oleh karena itu, bidang pendidikan pun harus...
Ahmad Dahlan
45 min read

Makalah Model Pembelajaran Konsiderasi

Model Pembelajaran Konsiderasi Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Pendidikan dalam arti luas dapat mencakup seluruh proses kehidupan dan segala bentuk interaksi individu dengan...
Ahmad Dahlan
30 min read

Makalah Hasil Belajar dan Materi Ajar

Hasil Belajar dan Materi Ajar Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Masalah penting yang sering dihadapi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran adalah hasil belajar yang tidak...
Ahmad Dahlan
13 min read

Leave a Reply