Ukuran Standar Kolam Renang

1 min read

Standar Kolam Renang FINA

Dalam pertandingan resmi lomba renang, terdapat ukuran standar ukuran Kolam Renang. Ukuran ini diatur oleh FINA (Fédération Internationale de Natation).

Dimensi Kolam Renang

Panjang Kolam Renang

FR 2.1    Panjang

FR  2.1.1  50.0 Meter,  bila perlengkapan papan sentuh otomatis digunakan di permulaan  dan akhir,  atau tambahan di olakan akhir, Kolam harus sedemikian panjang yang memastikan diperlukan jarak 50.0 meter antara kedua panel.

FR  2.1.1  25.0 Meter,  bila perlengkapan papan sentuh otomatis digunakan di permulaan  dan akhir,  atau tambahan di olakan akhir, Kolam harus sedemikian panjang yang memastikan diperlukan jarak 25.0 meter antara kedua panel.

FR 2.2    Demensi dan Toleransi

  FR  2.2.1 Bila panjang nominal 50.0 Meter, toleransi plus 0.03 meter  pada setiap jalur minus 0.00 meter di kedua akhir dinding dimana dari 0.3 meter  di atas sampai 0.8 meter di bawah permukaan air diizinkan. Ukuran ini harus dijamin oleh pengukur atau memenuhi syarat lain resmi, ditetapkan atau disetujui oleh anggota di negara di mana kolam terletak. toleransi tidak bisa dilebihi bila papan sentuh dipasang.

  FR  2.2.2 Bila panjang nominal 25.0 Meter, toleransi plus 0.03 meter  pada setiap jalur minus 0.00 meter di kedua akhir dinding dimana dari 0.3 meter  di atas sampai 0.8 meter di bawah permukaan air diizinkan. Ukuran ini harus dijamin oleh pengukur atau memenuhi syarat lain resmi, ditetapkan atau disetujui oleh anggota di negara di mana kolam terletak. toleransi tidak bisa dilebihi bila papan sentuh dipasang.

FR 2.3    Kedalaman

Kedalaman minimum 1.35 meter, meluas dari 1.0 meter  untuk minimal 6.0 meter  dari akhir dinding dibutuhkan untuk kolam dengan starting blocks. Kedalaman minimum 1.0 meter dibutuhkan di tempat lain.