Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya

51 sec read

Microsoft World

Microsoft word adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola kata yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak Microsoft. Aplikasi ini digunakan untuk menata kata yang berada dalam dokoumen terkait denagn style, lay out dan dekorasi dari dokumen.

Microsoft Word

Aplikasi yang juga dikenal dengan nama Ms Word ini memiliki ouput utama dengan ekstensi file Doc dan Docx yang menunjukkan jika fungsi utama memang mengelola dokumen. Aplikasi ini adalah bentuk advance dari mesin ketik manual.

A. Memulai Microsoft Word

Pada saat user menggunakan MS Word, Aplikasi akan menampilkan Dokumen Kosong (Blank Page) sebagai default program. Edisi terkahir dari Ms Word seperti di bundling package Ms Office 2020 dan 360, aplikasi ini menyediakan templete untuk dokumen yang casual.

Mengedit dokumen

MS Word dapat digunakan untuk mengedit dokumen yang telah tersimpan. Hampir semua format dokumen teks dapat dibuka pada software ini.

Mencetak dokumen.

 MS Word juga bisa digunakan untuk mencetak dokumen melalui printer. Software pengolah kata ini dapat memformat teks sesuai dengan kebutuhan. Hasil cetak dari aplikasi ini sesuai dengan pengeditan yang dilakukan di komputer. Secara spesifik, software ini dapat digunakan untuk berbagai macam dokumen, seperti Surat, Laporan / paper, Proposal, Berita, Brosur, Katalog, Poster, Flyer, Spanduk, Kartu nama, Kartu ucapan, Nota, Kemasan produk, Sertifikat, dan lainnya.

Otomatisasi

Seiring dengan perkembangan Waktu, Microsoft Word menambahkan banyak fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengeloaan dokumen masa kini. Beberapa fitur otomatisasi seperti

  1. Daftar Isi Otomatis
  2. Daftar Nama Tabel dan Gambar
  3. Daftar Pustaka dan Sistem Referensi
  4. Menu Pembuatan Halaman

Leave a Reply