Makalah Proses Perkembangan Ilmu Pengetahuan Masa Bani Abbasiyah

10 min read

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Masa Bani Abbasiyah

Bab I. Pendahuluan

A. Latar Belakang

Pada masa permulaan peradaban yang benar-benar membawa perubahan yang sangat besar, yang membawakan pula obor kesejahteraan dan kemanusiaan, Muhammad SAW. beliau merupakan nabi penutup daripada nabi dan rosul, serta sebagai rahmatan lil ‘alamin bagi umat manusia dengan Islam sebagai ajaran agama yang baru. Sehingga beliau pula patut sebagai guru utama bagi pembaruan. Setelah nabi wafat ajaran tersebut disebarluaskan oleh para sahabat, tabi’in dengan memegang panji Islam yang kokoh. Sehingga pasca nabi, ajaran Islam  juga disebarluaskan diseluruh penjuru dunia.

Dalam penyebaran syari’at Islam pasca Rosulullah SAW, terdapat beberapa babakan, yakni mulai langsung dari Khulafaur Rasyidin, yang dijalankan oleh para sahabat  (11-41 H) yakni dari Abu Bakar as-Shidiq, Umar bin Khatab, Ustman bin Affwan, Ali bin Abi Thalib. Serta babakan Islam pada masa klasik (keemasan) yang terdapat dua penguasa besar pada saat itu, yaitu pada masa Dinasti Umaiyah dan Dinasti Abbasiyah. Pada bahasan ini, kita akan membahas lebih luas tentang Dinasti Abbasiyah yang diusungkan dari kerabat Rasulullah, yakni keluarga Abbas. Mulai dari suasana tumbuhnya peradaban ilmu pengetahuan di masa Abbasiyah, ilmuwan dan pengaruh Dinasti Abbasiyah terhadap dunia Barat.

B. Rumusan Masalah

  1. Suasana tumbuhnya peradaban ilmu pengetahuan masa Abbasiyah ?
  2. Bagaimana bentuk peradaban hasil riset dari para ahli dan tokoh-tokohnya ?
  3. Bagaimana pusat-pusat peradaban masa Bani Abbasiyah ?
  4. Bagaimana pengaruh peradaban islam terhadap dunia barat ?

C. Tujuan Penulisan

  1. Menjelaskan tumbuhnya peradaban ilmu pengetahuan masa Abbasiyah.
  2. Menjelaskan bentuk peradaban hasil riset dari para ahli dan tokoh-tokohnya.
  3. Menjelaskan pusat-pusat peradaban masa Bani Abbasiyah.
  4. Menjelaskan pengaruh peradaban islam terhadap dunia barat.

Bab II. Pembahasan

A. Suasana tumbuhnya peradaban ilmu pengtahuan masa Abbasiyah

Perkembangan ilmu pengetahuan yang terjadi pada masa Bani Abbasiyah ini tidak terlepas dari pengaruh upaya dinasti sebelumnya yaitu dinasti Bani Umayyah, pada masa Umayyah ilmu pengetahuan mulai dikembangkan dan hal ini menjadi cikal bakal bagi perkembangan yang lebih gemilang di masa setelahnya. Karena itu tidak benar pernyataan bahwa pada masa Bani Abbasiyah tidak ada pengembangan ilmu pengetahuan. 

Masa Bani Abbasiyah adalah masa keemasan Islam, atau sering disebut dengan istilah ‘’The Golden Age’’. Pada masa itu Umat Islam telah mencapai puncak kemuliaan, baik dalam bidang ekonomi, peradaban dan kekuasaan. Selain itu juga telah berkembang berbagai cabang ilmu pengetahuan, ditambah lagi dengan banyaknya penerjemahan buku-buku dari bahasa asing ke bahasa Arab. Fenomena ini kemudian yang melahirkan cendikiawan-cendikiawan besar yang menghasilkan berbagai inovasi baru di berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

Suasana tumbuhnya peradaban Abbasyiah terjadi setelah perluasan wilayah secara besar-besaran. Faktor yang paling dominan mendorong suasana itu adalah kebijakan dari khalifah Abu ja’far, bahwa yang menjadi khalifah harus orang yang mencintai dan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan. Suasana keilmuan memang diciptakaan oleh khalifah dengan menyediakan segala fasilitas penunjang, lembaga pendidikan dan perpustakaan dibangun, tempat-tempat istirahat dan mukim disediakan oleh siapa saja yang mau belajar ilmu pengetahuan. Ulama dari berbagai disiplin ilmu didatangkan untuk mengajari orang-orang islam yang belajar. Kegiatan menulis buku berjalan dengan sangat pesat, karena pemerintah mewajibkan belajar sambil menuliskan ilmu kitab.[2]

B. Bentuk peradaban hasil riset dari para ahli dan tokoh-tokohnya

Dari hasil ijtihad dan riset par ahli ilmu pengethuan dan ulama atau cendekiawan muslim, berhasil menemukan berbagai bidang ilmu pengetahuan, antara lain aalah:

1. Filsafat
  1. Al-Kindi (194-260 H = 809 – 873 M) buku karangannya sebanyak 236 judul. Ia seorang Filosof Arab pertama. Selain itu, dia juga seorang dokter Islam yang terkenal. Ia ahli dalam pengobatan Mata sebagaimana dalam buku “Optics” (Ilmu mata) yang menjadi referensi pemikiran Roger Bacon.
  2. Al-Farabi, karyanya sebanyak 12 buah. Dia seorang Filosof Islam yang paling faham terhadap pemikiran Aristoteles. Di bidang Seni Musik, dia menciptakan alat music “piano” (Al-Qonun)
  3. Ibnu Bajah (beliau wafat tahun 523 H). yaitu Abu Bakar Muhammad Bin Yahya memiliki beberapa karangan yang cukup bernilai tinggi dalam bidang filsafat.
  4. Ibnu Thufail (wafat tahun 581 H). yaitu Abu Bakar Bin Abdul Malik Bin Thufail, beliau adalah salah seorang murid Ibnu Bajah dan termasuk filosof terkenal.
  5. Al-Ghazali (450-505 H = 1058-1101 M) hasil karyanya berjumlah 70 judul, buku karyanya yang cukup terkenal adalah Al-Munqizh Min adl-Dlalal, Tahufutul Falasifah, Mizanul Amal, Ihya ulumuddin, Al-Wajiz, mahkum Nazzar Miyazul Ilmi, Muqasidul Falasifah.
  6. Ibnu Rusyd (520-595 H = 1126-1198 M), diantara buku karangannya yang terkenal adalah Mubadiul Falasifah, Kulliyyat, Tafsir Urjuza, Kasful Afillah, kitab dokma-dokma dan lainnya. Beliau disamping seorang filososf juga sebagai seorang dokter, buku tentang kedokteran yang cukup terkenal adalah Al-Hafi.
2. Kedokteran

1.        Beberapa perguruan tinggi kedokteran yang cukup terkenal berada di kota :

a.     Yunde Shapur (Iran)

b.    Harran (Syiria)

c.     Baghdad

2.        Para dokter dan ahli kedokteran yang terkenal antara lain :

a.         Jabir Bin Hayyan (Wafat tahun 161 H /778 M), beliau dianggap sebagai bapak ilmu kimia, buku karangannya sebanyak 500 judul.

b.         Hunain Bin Ishaq (194-264 H/810-878 M), beliau seorang ahli mata yang terkenal dan banyak menerjemahkan buku-buku bahasa asing.

c.         Ibnu Sina (980 – 1037 M).  Ia terkenal Ahli kedokteran. Dia dinobatkan sebagai Father of Doctors(Bapak kedokteran). Karya tulisnya yang terkenal Al-Qonun fith-Thibb (Dasar-dasar ilmu kedokteran), berisi ensiklopedi ilmu kedokteran.[5]

d.         Thabib bin Qurra (221-228 H/836-873 M).

e.         Ar-Razi atau Razes (251-313 H/809-873 M), karangannya yang terkenal adalah bidang penyakit campak dan cacar yang diterjemahkan ke dalam bahasa latin.

3.        Matematika

Di antara ahli matematika yaitu :

a.         Umar Al-Farukhan beliau seorang insinyur arsitek pembangunan kota baghdad.

b.        Al-Khawrizmi, pengarang kitab Al-Gebar (Al-Jabari), beliau juga penemu angka 0 (nol), sedang angka 1 sampai 9 berasal dari Hindia yang dikembangkan oleh Islam. Sehingga angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9,0 disebut angka arab dan setelah disempurnakan lagi oleh orang latin kemudian disebut angka latin.

c.         Banu Nusa (3 anak syakir Musa). Mereka menulis banyak buku dan ilmu ukur.[6]

4.      Astronomi

Para ahli ilmu astronomi yang terkenal adalah.

  1. Al-Fazari pencipta astrolube yaitu alat pengukur tinggi dan jarak bintang.
  2. Al-Battani atau Al-Batagnius. Dia ahli matematika dan astronomi. Dia menciptakan istilah perhitungan Trigonometri dengan unsur-unsur, seperti Sin (Jaib), Tangen dan Contangen. Ia berhasil menentukan garis lengkung atau kemiringan ekliptik (orbit dimana matahari kelihatannya bergerak), panjangnya tahun tropis, lamanya musim, serta tepatnya orbit matahari dan orbit utama planet-planet.
  3. Abdul wafak menemukan jalan ke-3 dari bulan (jalan ke-1 dan ke-2 ditemukan oleh orang yunani).
  4. Al-Farghoni atau Al-fragenius. Beliau menulis ringkasan ilmu astronomi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Latin, oleh Gerard Cremona dan Johannes Hispalensis.

5.      Seni Ukir

Beberapa seni ukir yang terkenal yaitu Badr dan Tariff sekitar tahun 961-976 M, pada saat itu juga terdapat sekolah khusus seni ukir di kairo yang bernama sekolah Kairo.

6.      Bahasa dan Sastra

Berbeda dengan masa pemerintahan Bani Umayyah yang belum banyak. Penyair pada masa pemerintahan Bani umayyah, masih kental dalam keaslian warna Arabnya, sedangkan sastrawan pada zaman pemerintahan Bani Abbas, telah melakukan perubahan kekuasaan tersebut. Mereka telah mampu mengombinasikan dengan sesuatu yang bukan berasal dari tradisi arab. Oleh karena itu, wajar kalau kemudian pada masa pemerintahan bani Abbas banyak bermunculan penyakit terkenal. Di antara mereka adalah sebagai berikut :

a.         Abu Nawas (145-198 H) nama aslinya adalah Hasan bin Hani.

b.        Abu Tamam (wafat 232 H) nama aslinya adalah Habib bin  Auwas atb-Tba’i.

c.         Dabal al-Khuzu’i (wafat 246 H) nama aslinya adalah Da’bal bin Ali Razin dari Khuza’ab. Penyair besar yang berwatak kritis.

d.        Ibnu Rumy (221-283 H), nama aslinya adalah Abu Hasan Ali bin Abbas. Penyair yang berani menciptakan tema-tema baru.

e.         Al-Matanabby (303-354 H) nama aslinya adalah Abu Thayib Ahmad bin Husin al-Kuft penyair istana yang haus, pemuja yang paling handal

Pada masa pemerintahan dinasti Bani Abbasiyah telah terjadi perkembangan yang sngat menarik dalam bidang prosa. Banyak buku sastra novel, riwayat, kumpulan nasihat, dan uraian-uraian sastra yang dikarang atau disalin dari bahasa asing. Di antara mereka sebagai berikut :

a.         Abdullah bin Muqaffa (wafat tahun 143 H) buku prosa yang dirintis di antarnya Kalilab wa Dimnab, kitab itu terjemahan dari bahasa Sansekerta. Karya seorang filosuf India bernama Baidaba dia menyalin menjadi bahasa Arab.

b.        Abdul Hamid al-Katib. Ia dipandang sebagai pelopor seni mengarang surat.

c.         Al-Jabid (wafat 225 H), karyanya ini memiliki nilai sastra tinggi sehingga men

d.        jadi bahasa rujukan dan bahasa bacaan bagi para sastrawan kemudian.

e.         Ibnu Qutaibab (wafat 276 H). Ia dikenal sebagi ilmuan dan sastrawan yang sangat cerdas dan memiliki pengetahuan yang sangat luas tentang bahasa kesusastraan.

f.          Ibnu Abdi Rabbib (wafat 328 H). Ia seorang penyair yang berbakat yang memiliki kecenderungan ke sajak drama. Sesuatu yang sangat langka dalam tradisi sastra Arab. Karyanya terkenal adalah al-Aqdul Farid, semacam ensiklopedia islam yang memuat banyak ilmu pengetahuan islam.[8]

C.    Pusat – Pusat Peradaban Masa Bani Abbasiyah

1.        Baghdad

Kota baghdad dibangun oleh khalifah ke-2 al-Mansur tahun 136 H. Tujuan al-Mansur membangun kota ini ialah untuk seteril dari kelompok syiah maupun kelompok bani umayyah yang baru saja dikalahkan. Letaknya di tebing sungai Dajlah. Dari sungai ini jalannya transportsi barang dari India, Sind, Cina, Basrah, Ahwaz, Wasit, Mausil, Diar bakar dan Diar Rabi’ah. Bagdad dibangun oleh 1000 pekerja dari seluruh wilayah islam diawasi oleh arsitek ahli eropa yang dibayar dengan harga mahal oleh khalifah al-Mansur.

Di dalam kota Baghdad dibangun berbagai peradaban seperti istana, masjid, madrasah, kuttab dan perpustakaan, darul khaliah atau perkampungan khalifah dan fasilitas lainya. Pada masa Harun al-Rasyid kota Baghdad dibangun menjadi lebih sempurna, dengan fasilitas pendidikan, diantaranya berdiri Universitas Nizamiyah dan perpustakaan Baitul Hikmah, dilengkapi dengan fasilitas belajar yang lengkap. Pada akhirnya kota baghdad menjadi kota yang makmur, maju dan kaya dengan tamadun, ilmu pengetahuan dan kebaikan serta mendapat perhatian seluruh kaum muslimin dan terkenal di seluruh dunia. Selanjutnya banyak mahasiswa dari berbagai penjuru dunia datang untuk belajar di kota Baghdad.

2.        Samara

Diriwayatkan bahwa, asal kata samara dari bahsa Arab yang artinya siapa yang melihat pasti menang. Kota ini dibangun di timur sungai Dajlah, sejauh seratus kilometer dari kota Baghdad. Asalnya dibangun oleh Harun dari sebuah kota tua, Khalifah Harun menggali sebuah sugai yang dekat dengan istana namanya Taqul. Selanjutnya Khalifah al-Muktasim juga telah membangun sebuah  istana yang dihadiahkan kepada permaisurinya.

Kota itu dibangun karena kota baghdad semakin sesak dengan penduduk dan peradaban. Di antara bangunan-bangunan besar yang indah di kota samarra ialah mahligai Khalifah al-Mutawakkil Khalifah Ke-10 yang diberi nama mahlighai al-Arus selanjutnya dibangun mahlighai-mahligai Khalifah berikutnya, al-Mukhtar dan al-Walid.

3.        Karkh

Kota karkh dibangun oleh Khalifah al-Mansur dengan tujuan sebagai kota bayangan bagi Baghdad sebagai kota pusat pemerintahan. Kota Baghdad  yang sudah penuh sesak dengan berbagai bangunan, masjid, istana, madrasah, makhtab dan bangunan fasilitas pemerintahan lainnya, maka Khalifah al-Mansur memindahkan pusat-pusat perniagaan dari kota Baghdad ke kota Karkh. Perniagaan yang dominan adalah perniagaan minyak wangi, tukang-tukuang besi, tukang-tukang kayu, perniagaan-perniagaan pakaian dan senjata, serta perniagaan bunga, dan perniagaan alat musik.

4.        Anhar (Hasyimiyah)

Kota Anhar adalah kota tua yang dibangun oleh salah seorang raja persia yang bergelar Heraklius. Pada saat Abbasyiah, maka Khalifah pertama Abu Abbas Assafah memperbaiki kota ini dan mengganti namanya menjadi kota Hasyimiyah. Pada saat al-Mansur menjadi Khalifah ke dua, dia merasa tidak aman, karena pernah mendapat ancaman dari lawan politik, maka Khalifah al-Mansur merancang untuk mendirikan kota baru yang namanya Baghdad.

Meskipun ibu kota Abbasyiah dipindahkan ke Baghdad di wilayah bekas kekuasaan Romawi timur yang terkenal dengan Babilonia, akan tetapi Hasyimiyah tetap menjadi salah satu pusat peradaban islam Abbasiyah. Selama 4 tahun Abu Abbas menjadi Khalifah, kota ini menjadi pusat ibu kota Abbasiyah. Pada saat perkembangan peradaban Abbasiyah mengalami masa puncak kejayaan, Hasyimiyah termasuk salah satu pusatnya pengembangan ilmu pengetahuan.

5.        Bukhara dan Samarkand

Dua kota ini terdapat di wilayah paling jauh di wilayah perbatasan dengan mongol. Sejarah berdiri dua kota ini adalah ketika Iskandar Zurkarnain diperintahkan agar membatasi hegomoni Mongol mengadakan serangan ke wilayah lain. Iskandar diutus ke wilayah ini yang sekarang dikenal dengan nama wilayah Tranxoania dan membangun Bukhara dan Samarkand menjadi pusat kota bagi komunitas diwilayah ini. Dua kota ini masuk ke wilayah pada masa Abbasiyah berkuasa. Dua kota ini lahir ulama-ulama seperti Imam Bukhari dan Imam Samarkandi.

6.        Mesir

Mesir sejak dahulu kalah telah berdiri beberapa kota tua yang dalam sejarah mesir kuno telah kita kenal beberapa kota seperti Alexandria, Fustat, dan Kahira yang sekarang dikenal dengan nama Kairo. Pada saat wilayah ini di kuasai Abbasiyah, berdiri beberapa Universitas dan Masjid, Universitas al-Azhar dan Masjid Quatul.[9]

D.    Pengaruh Peradaban Islam Terhadap Dunia Barat

Ilmu pengetahuan islam masuk dan berkembang di daratan Eropa pada awalnya di wilayah, Toledo, Cordoba dan sevilla, kemudian mengalir ke negara Barat lewat para kaum terpelajar Barat. Mereka menerjemahkan karangan buku-buku dari islam dalam bahasa Barat. Di antara pelajar dari Barat antara lain :

a.       Abolarad Bath. Berpendidikan Islam dari Toledo kemudian menjadi ahli matematika serta sebagai filosof  inggris yang terkenal.

b.      Mazarabes. Beliau seorang muslim dan mengubah namanya menjadi Petrus Alphonsi supaya tidak dicurigai, setelah bekerja sebagai dokter di istana Raja Inggris Henri I. Setelah mendapatkan dukungan dari beberapa pihak, kemudian beliau membuka perguruan tinggi dan mengajarkan pengetahuan Islam. Ia termasuk orang yang berjasa menyebarkan Islam di Inggis.

c.       Archedeacon Dominico Gundissavi. Dengan meniru Khalifah Al-Makmun, beliau mendirikan “Bait al-Hikamah” (Badan penerjemah /House of Wisdom) dari pihak pemerintah kristen di Toledo yang waktu itu badan tersebut dipimpin oleh Raymond. Disana disalinlah buku-buku berbahasa arab yang belum terbakar.

d.      Ibnu Dawud (seorang muslim dari bangsa Yunani). Di barat ia terkenal dengan nama Avendeath. Ia menyalin buku-buku berbahasa Arab ke dalam bahasa latin, tentang Astronomi dan Astrologi.

e.       Gerard Cremona. Lahir di Cremona Itali tahun 1114 M. Kemudian pindah ke Toledo, di sana ia menyali buku-buku berbahasa Arab ke dalam bahasa latin tentang ilmu Filsafat, Matematika, dan Kedokteran, semuanya berjumlah 80 buah.

Menurut pengakuan para ahli kebudayaan dan ahli ilmu pengetahuan Barat, bahwa peradaban di negara-negara Barat banyak dipengaruhi oleh peradaban Islam. Berbagai orang pandai Eropa sekarang merasa bahwa kehidupan Eropa sebenarnya dibelit oleh kebudayaan Islam disekelilingnya. Dan untuk melepaskan diri dari kebudayaan ini adalah sesuatu hal yang tidak mungkin karena mereka sendiri telah mengakui kebudayaan ini adalah kebudayaan sendiri.

Pengakuan para ahli dari barat tentang pengaruh Islam terhadap dunia Barat di masa lalu di antar lain:

a.       Prof.Dr.charles Singer.”Di Barat Ilmu Tasrih (Anatomi) dan ilmu Kedokteran sebenarnya tidak ada, ilmu mengenal penyakit dipergunakan dengan cara-cara yang bukan-bukan, seperti dengan jengkalan jari, tumbuh-tumbuhan, tukang jual obat dan takhayul yang dijadikan untuk pengobatan”.

b.      Para Orientalis Spanyol.”Buku Karangan Ilmu Filsafat buah pikiran ahli Filsafat islam yaitu Ibnu Rusyd, Al-Ghazali”. Jadi pernyataan tersebut berarti bahwa Filsafat islam sangat mempengaruhi Filsafat Barat.

c.       Ibnu Tumlus (ahli ilmu Ukur, Ilmu perbintangan, ilmu musik dan Aritmatika), “orang-orang islam telah jauh melampaui kepandaian orang-orang Barat”

d.      Dr. Peter Du Berg. “pendeta Peter the Venerable  berangkat ke Toledo hendak menyalin Al-Qur’an, tetapi pendeta tersebut takjub ketika melihat Yahudi Islam sedng menulis di atas benda tipis halus (kertas), kemudian ia membawa kepandaian umat Islam dalam membuat kertas itu ke Paris”.

e.       Prof. H.A.R. Ghib (Maha Guru London University). “sastra barat itu berasal dari sastra muslimin, tidklah ada yang mempertengkarkan dan memperselisihkannya”.

f.        Prof. Leo Weiner (sastrawan).”kontak pengaruh sastra Islam dengan sastra Eropa dimulai pada abad VII M”.

g.      Prof. Kodrad. Dalam bukunya “Ubar dan Usprung deermite Literichen Minnesang” yang diterbitkan di Swiss tahun 1918, menyatakan bahwa Eropa mendapat sastra dan nyala api pearadaban modern adalah dari Islam”.[10]

Bab III. Penutup

A. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa suasana tumbuhnya peradaban ilmu pengetahuan masa Abbasiyah berkembang pesat. Serta keilmuan yang diciptakan oleh khalifah Abu ja’far dengan menyediakan segala fasilitas penunjang, lembaga pendidikan dan perustakaan dibangun, tempat-tempat istirahat dan mukim disediakan oleh siapa saja yang mau belajar ilmu pengetahuan.

Adapun bentuk peradaban hasil riset para ahli dan tokoh-tokohnya yaitu, ilmu filsafat, kedokteran, matematika, astronomi, seni ukir, bahasa dan sastra.

Kota-kota di wilayah Abbasiyah yang menjadi pusat-pusat peradaban masa Bani Abbasiyah yaitu Baghdad, Samarra, karkh, Anhar (Hasyimiyah), Bukhara, Samarkand, dan Mesir.

Ilmu pengetahuan islam masuk dan berkembang, mempengaruhi terhadap dunia Baratseperti di wilayah Toledo, Cordoba, dan Sevilla. Kemudian mengalir ke negara-negara Barat lewat para kaum terpelajar Barat. Adapun pelajar dari barat yang terpengaruh dengan perkembangan ilmu pengetahuan islam seperti Abolard Bath. Berpendidikan Islam dari Toledo kemudian menjadi ahli matematika serta sebagai filosof inggris yang terkenal.

DAFTAR PUSTAKA

Hasjmi, A. Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: PT.Bulan Bintang. 1997.

Tim Kementrian Agama Republik Indonesia,. Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI. 2015.

Su’ud, Abu. Islamologi. Jakarta: PT Rineka Cipta 2003.

Nasution , Harun. Islam ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jilid I. Jakarta: UI-Press. 1985.

Laporan Praktikum Efek Fotolistrik

Efek Fotolistrik Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Efek fotolistrik adalah fenomena terlepasnya elektron logam akibat disinari cahaya. Ditinjau dari perspektif sejarah, penemuan efek...
Ananda Dwi Putri
9 min read

Laporan Praktikum Tetes Minyak Milikan

Tetes Minyak Milikan Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Elektron merupakan suatu dasar penyusun atom. Inti atom terdiri dari elektron (bermuatan negatif) dan proton...
Ahmad Dahlan
7 min read

Makalah Sifat Fantasi Dalam Tinjauan Psikologi

Sifat Fantasi Bab I. Pendahuluan Pada dasarnya psikologi mempersoalkan masalah aktivitas manusia. Baik yang dapat diamati maupun tidak secara umum aktivitas-aktivitas (dan penghayatan) itu...
Wahidah Rahmah
4 min read

Leave a Reply