Ilmu Falaq
Secara bahasa (etimologis) kata Falak berasal dari bahasa arab yang tersusun dari huruf fa’, lam, kaf yang mempunyai arti orbit atau lintasan benda-benda langit, dan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai lingkaran langit, serta didalam Kamus Al-Munawir di maknai sebagai madar yang berarti orbit garis atau tempat perjalanan bintang. Dengan demikian kata Falak berbeda dengan kata Falaq yang terdiri dari huruf fa’, lam, qof yang berarti shubuh, terbit atau waktu fajar, Sebagaimana QS. Al-Falaq ayat 1 :
Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh
Sedangkan kata Falak diungkapkan oleh Al-Qur’an sebanyak dua kali yaitu pada surat Al-Anbiya’ ayat 33 dan surat Yasin ayat 40:
Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.
Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.
Dengan demikian kata falak dari masing-masing ayat tersebut diartikan sebagai orbit atau lintasan benda-benda langit.
Karena ini mempelajari lintasan benda-benda langit. Ilmu ini disebut pula dengan ilmu hisab, ilmu rashd, ilmu miqat karena ilmu ini menggunakan perhitungan, pengamatan, dan mempelajari tentang batas-batas waktu.
Adapun secara terminologi dapat dipaparkan beberapa definisi sebagai berikut :
1. Dairatu Ma’aarif al-Qarn al-Isyrin
Ilmu falak adalah ilmu tentang lintasan benda-benda langit, matahari, bulan bintang dan planet-planetnya.
2. Leksikon Islam
Ilmu falak adalah ilmu perbintangan, astronomi pengetahuan mengenai keadaan bintang-bintang di langit.
3. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ilmu falak adalah ilmu pengetahuan mengenai keadaan (peradaran, perhitungan dan sebagainya) bintang-bintang.
4. Ensiklopedi Islam
Ilmu falak adalah suatu ilmu yang mempelajari benda-benda langit, matahari, bulan, bintang, dan planet-planetnya.
5. Ensiklopedi Hukum Islam
Ilmu falak adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari benda-benda langit tentang fisiknya, geraknya, ukurannya, dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya.
6. Almanak Hisab Rukyat
Ilmu falak adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari lintasan benda-benda langit seperti matahari, bulan, bintang-bintang, dan benda-benda langit lainnyya, dengan tujuan untu mengetahui posisi dari benda-benda langit itu serta kedudukannya dari benda-benda langit yang lain.
Dari rumusan-rumusan diatas dapat dinyatakan bahwa objek formal Ilmu Falak adalah benda-benda langit, sedangkan objek materialnya adalah lintasan dari benda-benda langit tersebut. Dari sini pula dapat dinyatakan bahwa ada beberapa ilmu yang mempunyai objek formal yang sama dengan ilmu falak tetapi objek materialnya yang berbeda diantaranya yaitu : Astrologi, Astrofisika, Astromekanik, Kosmografi, dan Kosmologi.
2. TUJUAN DAN MANFAAT ILMU FALAK
a. tujuan
Tujuan mempelajari ilmu falak pada dasarnya mempunyai kepentingan yang saling berkaitan. Pertama, untuk penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk keperluan ini muncul para ahli falak (astronomi muslim) terkenal pada abad-abad kemajuan islam yang mengembangkan ilmu falak melalui berbagai percobaan dan penelitian secara mendalam hasil karya mereka memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan modern, baik di timur maupun di barat. Kedua, untuk keperluan yang berkaitan dengan masalah-masalah ibadah seperti, sholat, puasa, dan haji. Keperluan ini bersifat penting dan turut menentukan sahnya amal ibadah, karena didalamnya terdapat pembahasan tentang penentuan-penentuan waktu atau momentum yang berkaitan dengan ibadah tersebut.
b. manfaat
Dengan memplajari ilmu Falak maka diharapkan akan dapat:
1. Menjelaskan berbagai konsep tentang dasar-dasar Astronomi yang berkaaitan dengan penentuan waktu-waktu ibadah.
2. Menjelaskan peranan Ilmu Falak pada awal penentuaan waktu Sholat.
3. Melakukan penghitungan awal waktu Sholat dengan benar.
4. Menyusun jadwal waktu Sholat dan Imsyakiah.
5. Menghitung sekaligus mengukur arah Kiblat.
6. Menghitung sekaligus memprediksikan kapan waktu-waktu ibadah seperti awal dan akhir puasa itu tiba.
7. Membuat kalender Masehi atau Hijriyah.
8. Mengkritisi arah kiblat dan mushala yang ada dan diasumsikan tidak sesuai dengan teori-teori Ilmu Falak.
9. Menumbuhkan sifat toleran bila dari hasil hisab dipridiksi akan terjadi perbedaan dalam berhari raya misalnya.
3. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ILMU FALAK
Kajian ilmu falak banyak mendapat perhatian dari para peneliti dan sejarawan. Regis Morlan (seorang orientalis Prancis, peneliti sejarah ilmu falak klasik) mengemukakan beberapa factor di antaranya: banyaknya ulama yang berkecimpung di bidang ini sepanjang sejarah, banyaknya karya-karya yang dihasilkan, banyaknya observatorium astronomi yang berdiri sebagai akses dari banyaknya astronom serta karya-karya mereka, banyaknya data observasi (pengamatan alami) yang terdokumentasikan. Sementara itu Prof. Dr. Muhammad Ahmad Sulaiman (guru besar ilmu falak di Institut Nasional Penelitian Astronomi dan Geofisika, Helwan – Mesir) mengatakan “astronomi adalah miniatur terhadap majunya peradaban sebuah bangsa”.
Dalam perjalanan mulanya, peradaban India, Persia dan Yunani adalah peradaban yang punya kedudukan istimewa. Dari tiga peradaban inilah secara khusus muncul dan lahirnya peradaban falak Arab (Islam), disamping peradaban lainnya. Peradaban India adalah yang terkuat dalam pengaruhnya terhadap Islam (Arab). Buku astronomi ‘Sindhind’ punya pengaruh besar dalam perkembangan astronomi Arab (Islam), dengan puncaknya pada dinasti Abbasiah masa pemerintahan Al-Manshur, buku ini diringkas dan diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Ibrahim al-Fazzârî adalah orang yang mendapat amanah untuk mengerjakan proyek ini, sekaligus juga ia melahirkan buku penjelas yang berjudul “as-Sind Hind al-Kabîr”.
Peradaban Persia memberi pengaruh signifikan dalam peradaban ilmu falak Islam, ditemukan cukup banyak istilah-istilah falak Persia yang terus dipakai dalam Islam hingga saat ini, seperti zij (epemiris) dan auj (aphelion). Buku astronomi berbahasa Persia yang banyak mendapat perhatian Arab (Islam) adalah ‘Zij Syah’ atau ‘Zij Syahryaran’ yang merupakan ephemiris (zij) yang masyhur di zamannya.
Sementara dari peradaban Yunani puncaknya dimotori oleh Cladius Ptolemaus (w. ± 160 M) yang dikenal dengan sistem “geosentris”nya. Gagasan astronomi Ptolemaus terekam dalam maha karyanya yang berjudul ‘Almagest’ atau ‘Tata Agung’ yang menjadi buku pedoman astronomi hingga berabad-abad sebelum runtuh oleh teori tata surya Ibn Syathir (w. 777 H) dan Copernicus.
Dalam melihat sejarah ilmu falak maka dapat diklasikasikan sebagai berikut:
1) Ilmu falak sebelum islam
Dahulu, pada umumnya manusia memahami seluk beluk alam semesta hanyalah seperti apa yang mereka lihat, bahkan sering ditambah dengan macam-macam tahayul yang bersifat fantastis. Menurut mereka, bumi merupakan pusat alam semesta. Setiap hari, matahari, bulan, dan bintang-bintang dengan sangat tertib mengelilinhi bumi.
Sekalipun demikian, ada di antara mereka yang memahami alam raya ini dengan akal rasiaonya. Para ilmuan yang ada pada saat itu, salah satunya adalah: Aristoteles, dia berpendapat bahwa pusat jagad raya adalah bumi sedangkan bumi dalam keadaan tenang, tidak bergrak dan tidak berputar. Semua gerak benda-benda angkasa mengitari bumi. Lintasan masing-masing benda angkasa berbentuk lingkaran. Sedangkan peristiwa gerhana misalnya tidak lagi dipandang sebagai adanya raksasa penelan bulan, melainkan merupakan peristiwa alam.
Pandangan manusia terhadap jagad raya mulai saat itu umumnya mengikuti pandangan aritoteles yaitu: GEOSENTRIS yakni bumi sebagai pusat peredaran benda-benda langit.
2) Ilmu falak dalam peradaban islam
Sekitar tiga ratus tahun setelah wafatnya nabi Muahamad SAW, negara-negara islam telah memiliki kkebudayaan dan pengetahuan tinggi. Banyak sekali ilmuan muslim bemunculan dengan hasil karyannya yang gemilang.
Pada thn 773 M, seorang pengembara India menyerahkan sebuah buku data astronomis berjudul “Sindbind” atau “Sidbanta” kepada kerajaan islam di Baghdad. Oleh khalifah Abu ja’far al-mansur, diperintahkan agar buku itu diterjemahkan kedalam bahasa arab. Perintah ini di lakukan oleh Muhammad Ibn Ibrahim al-Fazari. Atas usahanya inilah Al-Fazari dikenal sebagai ahli ilmu falaq yang pertama di dunia islam.
Di samping itu, Al-khawarizmi menemukan bahwa zodiak atau ekliptika itu miring sebesar 23.5 derajat terhadap ekuator, serta memperbaiki data astronomis yang ada pada buku terjemahan sindhind.
Dua buah buku karyanya adalah Al-muksbtasbar fihisabil jabrwal muqabalah dan Suratul ardl merupakn buku pennting dalam bidang ilmu falak, sehingga banyak diikuti oleh para ahli ilmu falak berikutnya.
Selain para tokoh di atas, Ulugh Bek ahli astronomi asal Iskandaria dengan observatoriumnya berhasil menyusun table data astronomi yang banyak digunakan pada perkembangan ilmu falak masa-masa selanjutnya.
Hal demikian inilah yang menyebabkan istilah-istilah astronomi yang berkembang sekarang ini banyak menggunakan bahasa arab, misalnya nadir, mintaqotul buruj dan lain sebagainya.
Sekalipun ilmu falak dalam perdaban islam sedah cukup maju, namun yang patut dicatat adalah bahwa pandangan terhadp alam masih mengikuti pandangan aritoteles yaitu geosentris .
3) Ilmu falak dalam peradaban Eropa
Pada masa negara-negara islam mencapai kejayaannya, bangsa eropa masih berada pada ketertinggalan, bangsa eropa mulai tertarik pada ilmu pengetahuan seperti yang telah di pelajari orang-orang islam yang sudah demikian tinggi serta penemuan-penemuan diberbagai cabang ilmu pengetahuan, pendapat-pendapat ilmuan muslim mulai ditentang oleh aliran muslim kolot.
Sementara itu, bangsa eropa mulai maju kearah kebudayaan yang kian manju. Mereka mempelajari semua peninggalan kebudayaan bangsa arab yang telah runtuh dari kejayaannya mereka mengambil manfaat dari sejarah yang telah dicapai bangsa arab mereka menginginkan kebangsaan yang jaya dan pemimpin dunia.
Untuk mencapai tujuan ini antara lain yang dilakukan adalah menterjemahkan buku-buku ilmu falak kedalam bahasa eropa misalnya, buku Almukhtashar fi Hisabil Jabrwal Muqabalah karya Al-khawarijmi diterjemahkan kedalam bahasa latin oleh Grard dari Cremona. Ilmuan eropa pada dekade ini adalah Galilei Galileo (1564-1642 M), Nicolas Copernikus (143-1543 M) dan lain-lain.
4) Ilmu Falak Di Indonesia
a. Ilmu falak pada awal perkembangan di Indonesia
Sejak adanya penanggalan Hindu dan penanggalan Islam di Indonesia, hususnya di Pulau Jawa serta adanya penanggalan Jawa Islam oleh Sultan Agung, sebenarnya bangsa indonesias sudah mengenal ilmu falak.
Kemudian seiring dengan kembalinya para ulama’ muda ke Indonesia dari bermukim di Mekah pada awal abad 20 M, ilmu falak mulai tumbuh dan berkembang di tanah air ini, mereka mengajarkannya kepada santrinya di Indonesia.
Diantaranya adalah Syeh Abdurahman bin Ahmad Al-misri ulama’ muda yang belajar kepadanya adalah Ahmad Dahlan As-Simarani dan kemudian mereka ajarkan lagi kepada santrinya dan seterusnya.
b. Ilmu Falak Pada Perkembangan Baru
Dengan berkembangnya ilmu falak di Indonesia dan juga para ahli ilmu Falak banyak sekali buku-buku ilmu falak dengan karya-Karyanya Antara lain Adalah Sebagai Berikut:
v Abdul faqih (Demak ),karyanya “Al-Kutub Falakiyah”
v Abdul falah ( Gresik) , karyanya “ Muzakarotul Hisab”
v Abdul badawi (Yogyakarta) , karyanya “ Hisab hakiki”
c. Ilmu Falak Pada Computer
Pada zaman sekarang ini muncualah program-program software yang menyiapkan sekaligus melakukan perhitungan , sehingga program ini di rasa lebih praktis dan lebih mudah bagi pemakainya. Program ini misalnya “Mawaqit” yang di program oleh ICMI Korwil Belanda pada tahun 1993, program “Falakiyah Najmi” oleh Nuril Fuad pada tahun 1995, program “Astinfo” oleh jurusan jurusan MIPA ITB Bandug tahun 1996. Dan masih banyak lagi lainnya.
4. TATA KOORDINAT ILMU FALAK
sistem koordinat adalah suatu cara untuk menentukan lokasi posisi obyek obyek di langit. Sistem koordinat harus mempunyai kerangka acuan untuk menentukan arah, dan titik acuan asal pengukuran di mulai.
a. Equator
Lingkaran yang mermbagi dua sama besar bola bumi menjadi bagian selatan dan bagian utara.
Sistem ekuatorial ini digabungkan dengan lintasan semu matahari (ekliptika). Bidang ekliptika ini akan berpotongan dengan bidang ekuator langit, dan titik perpotongannya adalah pada titik ekuinoks. Pada gambar dibawah, titik vernal equinox (Aries) dinyatakan dengan simbol γ.
Ascensiorecta (Right Ascension – RA) adalah busur pada ekuator langit yang ditarik dari titik vernal equinox ke arah timur hingga ke meridian benda langit. Pada gambar dinyatakan dengan busur γC. Besarnya berkisar antara 0 – 24 jam atau setara dengan perputaran 3600.
Penggunaan RA adalah sebagai alternatif dari penggunaan sudut jam (Hour Angle – HA), karena besarnya HA tidak pernah tetap. Misalnya untuk penulisan katalog, posisi benda langit yang diberikan adalah posisi yang tepat, karena itu dipilihlah RA sebagai salah satu sumbu koordinat.
Ordinat-ordinat dalam tata koordinat ekuator adalah:
1. Bujur suatu bintang dinyatakan dengan sudut jam atau Hour Angle (HA). Sudut jam menunjukkan letak suatu bintang dari titik kulminasinya, yang diukur dengan satuan jam (ingat,1h = 15°). Sudut jam diukur dari titik kulminasi atas bintang (A) ke arah barat (positif, yang berarti bintang telah lewat kulminasi sekian jam) ataupun ke arah timur (negatif, yang berarti tinggal sekian jam lagi bintang akan berkulminasi). Dapat juga diukur dari 0° – 360° dari titik A ke arah barat.
2. Lintang suatu bintang dinyatakan dengan deklinasi (δ), yang diukur dari proyeksi bintang di ekuator ke arah bintang itu menuju ke kutub Bumi. Tinggi bintang diukur 0° – 90° jika arahnya menuju KLU dan 0° – -90° jika arahnya menuju KLS.
b. Deklinasi
Deklinasi matahari merupakan data yang cukup penting selain lintang dan bujur tempat-deklinasi matahari adalah jarak posisi matahari dengan equator langit diukur sepanjang lingkaran deklinasi atau lingkaran waktu deklinasi biasanya diberi tada huruf Yunani (delta)atau kadang kadang ditulis dengan huruf d kecil.
Deklinasi sebelah utara equator diberi tanda positif (+) berlaku sebaliknya. Nilai deklinasi dari hari ke hari dalam satu tahun selalu berubah tapi dalam satu tahun sama. Deklinasi positif terletak di belahan utara langit dan deklinasi negative terletak di belahan selatan langit.
Deklinasi adalah jarak benda langit itu ke equator yang diukur dengan hitungan derajat, menit dan detik. Dengan perkataan lain deklinasi adalah sepotong busur lingkaran deklinasi atau lingkaran waktu yang diukur dari perpotongan equator langit pada lingkaran deklinasi sampai ke benda langit itu.
c. Azimut
Untuk menentukan letak matahari pada suatu saat, biasanya dipergunakan tata koordinat horizon. Dengan mempergunakan acuan horizon, maka letak dan besar sudut matahari dapat diketahui. Azimuth matahari ialah busur pada horizon yang diukur dari titik Utara kearah Timur sampai pada titik perpotongan antara lingkaran horizon dan lingkaran vertical yang dilalui matahari itu. Dengan kata lain azimuth ialah jarak dari titik utara ke lingkarang vertical yang melalui matahari tersebut, diukur sepanjang lingkaran horizon menurut perputaran arah jarum jam.
d. Horizon
Pada tata koordinat horizon, letak bintang ditentukan hanya berdasarkan pandangan pengamat saja. Tata koordinat horizon tidak dapat menggambarkan lintasan peredaran semu bintang, dan letak bintang selalu berubah sejalan dengan waktu. Namun, tata koordinat horizon penting dalam hal pengukuran adsorbsi cahaya bintang.
Ordinat-ordinat dalam tata koordinat horizon adalah:
1. Bujur suatu bintang dinyatakan dengan azimut (Az). Azimut umumnya diukur dari selatan ke arah barat sampai pada proyeksi bintang itu di horizon, seperti pada gambar azimut bintang adalak 220°. Namun ada pula azimut yang diukur dari Utara ke arah timur, oleh karena itu sebaiknya Anda menuliskan keterangan tentang ketentuan mana yang Anda gunakan.
2. Lintang suatu bintang dinyatakan dengan tinggi bintang (a), yang diukur dari proyeksi bintang di horizon ke arah bintang itu menuju ke zenit. Tinggi bintang diukur 0° – 90° jika arahnya ke atas (menuju zenit) dan 0° – -90° jika arahnya ke bawah.
Letak bintang dinyatakan dalam (Az, a). Setelah menentukan letak bintang, lukislah lingkaran almukantaratnya, yaitu lingkaran kecil yang dilalui bintang yang sejajar dengan horizon (lingkaran PQRS).
ada tiga jenis horizon yaitu horizon hakiki langit, horizon semu dan horizon sejati. Horizon hakiki langit adalah batas akhir dengan pandangan mata telanjang yang seolah-olah menjadi batas pertemuan antara kaki langit dengan ujung daratan bumi. Horizon semu adalah bidang yang rata menyinggung bumi yang dapat ditarik dari tempat pengamat berdiri antara kaki langit dengan tanah bidang ia tegak lurus pada garis vertical . horizon sejati adalah bidang yang melalui titik pusat bumi yang tegak lurus kepada garis vertical.
e. Meridian
Kalau gambar dipertemukan dengan titik Nadir , maka lingkaran meridian adalah lingkaran vertical yang melalui kutub langit, kutub Utara dan kutub Selatan, memebentuk poros bumi yang menghubungkan kedua kutub itu. Aapalagi matahari berkulminasi, tinggi matahari disebut tinggi kulminasi tandanya hm. jarak zenith pusat matahari pada saat berkulminasi tandanya zm. jadi meridian adalakt lingkaran vertical yang melalui kutub langit, kutub utara, kutub selatan, titik utara dan titik selatan. Meridian suatu tempat hanya satu, akan tetapi karena zenith, nadir tiap tempat berlainan maka meridiannya pun berbeda-beda.
f. Perata waktu
Selisih dari data waktu matahari hakiki dengan matahari pertengahan disebut perata waktu, lambangnya “e” .
Untuk menentukan perata waktu (positif atau negative) dipergunakan rumus :
12.00 – e
Artinya : untuk memperoleh harga waktu menengah, maka waktu hakiki dikiring peratang waktu.
5. ARAH KIBLAT (PENGERTIAN DAN DASAR HUKUM)
Arah kiblat ialah arah yang menuju ke Ka’bah di Mekkah apabila seorang Muslim wajib menghadapkan mukanya tatkala ia mendirikan shalat atau dibaringkan jenazahnya di liang lahat, dan hukumnya adalah wajib, hal ini berdasarkan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 144 dan 149, dan beberapa hadis riwayat Bukhari dan Muslim.
Kata kiblat berasal dari bahasa Arab القبلة asal katanya ialah مقبلة sinonimnya adalah وجهة yang berasal dari kata مواجهة artinya adalah keadaan arah yang dihadapi. Kemudian pengertiannya dikhususkan pada suatu arah, dimana semua orang yang akan mendirikan shalat menghadap kepadanya.[1]
Dasar hukum dari al Quran
Firman Allah SWT dalam QS. al Baqarah [2] : 144
قَدْ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ وَإِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ
“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.”(al Baqarah [2] : 144)
Firman Allah dalam QS Al-Baqarah : 150
Artinya: Dan dari mana saja kamu keluar (datang) maka palingkanlah wajahmu kearah masjidil haram, dan dimana saja kamu semua berada maka palingkanlah wajahmu kearahnya, agar tidak ada hujjah bagi manusia atas kamu, kecuali orang-orang yang dhalim diantara mereka. Maka janganlah kamu takut kepada mereka, dan takutlah kepada-Ku. Dan agar Ku-sempurnakan nikmat-Ku atas kamu, dan supaya kamu dapat petunjuk. (QS. AL-Baqarah :150)
2. Dasar hukum dari hadits
Hadits riwayat Imam Bukhari (hadits no. 385 dalam Shahih Bukhari)
حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ فَإِذَا أَرَادَ الْفَرِيضَةَ نَزَلَ فَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ
Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim berkata, telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Abu ‘abdullah berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Abu Katsir dari Muhammad bin ‘Abdurrahman dari Jabir bin ‘Abdullah berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam shalat diatas tunggangannya menghadap kemana arah tunggangannya menghadap. Jika Beliau hendak melaksanakan shalat yang fardlu, maka beliau turun lalu shalat menghadap kiblat.”(HR. Bukhari)
استقبل القبلة وكبر (رواه البخاري)
Artinya: “Menghadaplah ke kiblat lalu takbirlah”(HR. Bukhari)
6. TEORI-TEORI PENENTUAN ARAH KIBLAT
Penentuan arah kiblat melalui dua system, yaitu teori sudut dan teori bayangan
a. Teori Sudut arah kiblat
Yang dimaksud dengan teori sudut adalah penentuan arah kiblat dengan memanfaatkan Utara geografis. Atau dengan kata lain, menentukan arah dari tempat tinggal seseorang ke kota Mekkah (Ka’bah) dipermukaan bumi sama dengan menentukan azimuth (sudut) kota Makkah karena diukur sepanjang horizon. Di sini harus diperhitungkan Utara-Selatan meridiam setempat.
Sudut arah yang akan diukur arah kiblatnya dapat dihitung dengan menggunakan segitiga bola. Data yang dinutuhkan adalah harga lintang bujur geografis setempat maupun Makkah. Kita menggunakan teori sudut dari segi tiga bola karena bumi ini mempunyai bentuk menyerupai bola.
Adapun cara menentukan arah kiblat dengan teori ini antara lain sebagai berikut :
a) Menghitung arah kiblat lokasi .
Cara menghitungnya harus dipersipkan data yaitu
1) Data lintang dan bujur tempat
2) Data lintang dan bujur Ka’bah.
3) Disiapkan pula lukisan segi tiga bola yang masing-masing mempunyai sudut yaitu sudut Kutub Utara dengan symbol C, Ka’bah dengan symbol A dan lokasi dengan symbol B . ketiga symbol itu masing-masing mempunyai sisi yaitu sisi a,b dan c
Hasil perhitungan darai data diatas merupakan harga sudut arah kiblat, yang merupakan Patokan utama dalam menentukan arah kiblat tempat yang dicari arah kiblatnya.
b. Setelah harga sudut diperoleh itu, ditentukanlah arah utara, barat dan selatan atau timur dengan pendekatan tertentu. Mungkin dengan lingkaran melalui pertolongan sinar matahari, mungkin juga dengan kalkulator atau teodolit.
c. Mengukur arah kiblat dengan menggunakan alat tertentu, seperti bususr atau teodolit.
d. Penggunaan alat tersebut harus direlevansikan dengan lingkaran pada papan yang telah disiapkan sebelumnya. Dari proses itu, pada akhirnya mendapatkan sudut sebagai petunjuk bahwa arah kiblat mengarah pada titik tertentu.
Contoh perhitungan
Data dan Rumus Arah Kiblat yang Digunakan
a. Data yang Digunakan :
NO | INDONESIA | ARAB | INGGRIS | SIMBOL |
1 | lintang tempat (p) | عرض البلد | latitude | phi = f |
2 | Bujur tempat (Bt) | طول البلد | longitude | lambda = λ |
b. Data lintang dan bujur Ka’bah (kota Mekah) yaitu :
1). f lintang Ka’bah (kota Mekah) f = 21o 25’ LU
2). λ bujur Ka’bah (kota Mekah) λ = 39o 50’ BT
c. Rumus yang digunakan :
1). Rumus arah kiblat
Cotan B = Cotan b Sin a – Cos a Cotan C
Sin C
2). Rumus bantu
Sisi a (a) = 90o – ftp
Sisi b (b) = 90o – fmk
b = 90o – 21o 25’ = 68o 35’ (tetap)
Sisi C (c) = λtp – λmk
Keterangan :
tp = lintang/bujur tempat, dan mk = lintang/bujur Mekah
Contoh Perhitungan Arah Kiblat
Pertanyaan : Hisablah/hitunglah arah kiblat kota Jakarta.
Jawab :
– Data yang diketahui :
a. Lintang tempat kota Mekah (f mk ) = 21o 25’ LU
Bujur tempat kota Mekah (λ mk) = 39o 50’ BT
b. Lintang tempat kota Surabaya (f tp ) = – 7o 15’ LS
Bujur tempat kota Surabaya (λ tp ) = 112o 45’ BT
– Langkah-langkah yang harus ditempuh :
a. Dicari dulu dengan rumus bantu :
a = 90o – f tp
b = 90o – f mk
C = λtp – λ mk
Harga yang didapat :
a = 90o – (- 7o 15’) = 97o 15’
b = 90o – 21o 25’ = 68o 35’ (tetap)
C =112o 45’ – 39o 50’ = 72o 55’
b. Data dimasukkan dalam rumus arah kiblat
Cotan B = Cotan b Sin a – Cos a Cotan C
Sin C
Cotan B = Cotan 68o 35’ Sin 97o 15’ – Cos 97o 15’ Cotan 72o 55’
Sin 72o 55’
Dari contoh diatas perlu dijelaskan
p = lintang tempat
Bt = bujur tempat
C = symbol titi utara
B-T = khatulistiwa
B = tempat yang kan dicari kiblatnya
a = busur A yang dihitung dari C ke A
b = busur B yang dihitung dari C ke A
c = busur C yang dihitung dari A ke B
Cara menggunakan kalkulator untuk rumus tersebut.
– Pijat tombol kalkulator secara berurutan sesuai dengan typenya:
a. Casio fx 120, 124, 130
68o 35’ Tan 1/x x 97o 15’ Sin = : 72o 55’ Sin = – 97o 15’ Cos x 72o 55’ Tan 1/x = 1/x Inv Tan Inv o ’’ 65o 58’ 14.97” U – B atau 24o 01’ 45.03” B – U, dan Azimut kiblat 2924o 01’ 45.03” UTSB.
b. Casio fx 3600, 3800, 3900, 4100
68o 35’ Tan Inv 1/x x 97o 15’ Sin = : 72o 55’ Sin = – 97o 15’ Cos x 72o 55’ Tan Inv 1/x = Inv 1/x Inv Tan Inv o ’’ 65o 58’ 14.97” U – B atau 24o 01’ 45.03” B – U, dan Azimut kiblat 294o 01’ 45.03” UTSB.
c. Karce-131 Scientific, Casio fx 350 MS SVPAM, 4000 P , 4500 P , 5000 P.
1 / Tan 68o 35’ x Sin 97o 15’ / Sin 72o 55’ Exe – Cos 97o 15’ x 1 / Tan 72o 55’ Exe x-1 Exe Shift Tan Ans Exe Shift o’’65o 58’ 14.97” U – B atau 24o 01’ 45.03” B – U, dan Azimut kiblat 294o 01’ 45.03” UTSB.
Keterangan :
1. U-B : diukur dari titik Utara ke arah Barat
2. B-U : diukur dari titik Barat ke arah Utara
3. UTSB : diukur dari titik Utara se arah jarum jam (Utara – Timur – Selatan – Barat
7. BATAS – BATAS TANAH HARAM
“Tanah Haram” merupakan bagian wiliyah kota Mekah yang memiliki keistimewaan. Di antaranya, bagi orang yang ihram, baik untuk haji maupun umrah, semua syarat ihram wajib dipenuhi sebelum masuk melintasi batas Tanah Haram. Demikian pula, pepohonan dan binatang yang berada di Tanah Haram tidak boleh diganggu-gugat. Ini merupakan bagian dari keberkahan yang Allah berikan kepada Ka`bah dan daerah di sekitar Ka`bah. Siapa saja yang memasukinya, diberi jaminan keamanan, sampai-sampai binatang dan tumbuhan yang berada di dalamnnya. Allah berfirman,
وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا
“Siapa saja yang memasukinya (Tanah Al-Haram) maka dia aman.” (QS. Ali Imran:97)
Orang yang pertama kali meletakkan batas Tanah Haram adalah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Beliau memasang tapal batas dengan dipandu Malaikat Jibril. Tapal batas ini tidak pernah diubah atau diganggu sampai zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika Fathu Mekah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus Tamim bin Asad Al-Khuza`i untuk memperbarui tapal batas tersebut. Sampai akhirnya, di zaman kekhalifahan Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu, beliau memerintahkan empat orang Quraisy untuk memperbarui tapal batas tersebut. Saat ini, tapal batas itu, dipasang dalam bentuk gapura besar di jalan-jalan utama menuju kota Mekah. (Al-Azraqi, Akhbar Makkah, 2:406)
Berikut ini batas Tanah Haram saat ini:
a. Arah barat: Jalan Jeddah–Mekah, di Asy-Syumaisi (Hudaibiyah), yang berjarak 22 km dari Ka`bah.
b. Arah selatan: Di Idha`ah Liben (Idha`ah: tanah; Liben: nama bukit), jalan Yaman–Mekah dari arah Tihamah; berjarak 12 km dari Ka`bah.
c. Arah timur: Di tepi Lembah `Uranah Barat, berjarak 15 km dari Ka`bah.
d. Arah timur laut: Jalan menuju Ji`ranah, dekat dengan daerah Syara`i Al-Mujahidin, berjarak 16 km dari Ka`bah.
e. Arah utara: Batasnya adalah Tan`im; berjarak 7 km dari Ka`bah. (Shafiyurahman Al-Mubarakfuri, Sejarah Mekah, hlm. 167)