Makalah Komputer Grafis

5 min read

Komputer Grafis

Bab I. Pendahuluan

A. Latar Belakang

Di era ini kemajuan teknologi komputer semakin canggih. Apapun yang kita lihat sekarang sebagian besar merupakan hasil dari desainer yang menggunakan komputer dengan software-software dan hardware-hardware tertentu. Media-media tersebut sangat berguna didalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, pengajar baik pebelajar dituntut agar dapat menggunakan media. 

Pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografi atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.

B. Tujuan

Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan mahasiswa tentang Ilmu Teknologi Komputer khususnya mahasiswa dengan jurusan Desain Komunikasi Visual harus mengerti tentang “Komputer Grafis”

Bab II. Pembahasan

A. Sejarah Komputer Grafis

Pada era dan perkembangan dunia digital yang begitu pesat ini, grafis komputer sangat berpengaruh sekali.Kita ambil contoh saja sekarang ini grafis komputer sudah digunakan untuk pembuatan film-film animasi.Bukan hanya film animasi saja,film-film yang berobjek manusiapun juga menggunakan grafis komputer yaitu pada pembuatan efek-efeknya,seperti efek wajah,bentuk tubuh dan sebagainya.

Ilmu grafis komputer ini sendiri dibagi menjadi bebeapa cabang ilmu,antara lain :

  1. Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  2. Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  3. Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  4. Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Mengenai sejarah komputer akan saya jelaskan secara singkat,yaitu pada :

Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.

•1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer.

•1963 : -ditermukan Sutherland (MIT), -Sketchpad (manipulasi langsung, CAD) Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector),-Mouse oleh Douglas Englebert

•1968 : ditemukan Evans & Sutherland.

•1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan

•1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.

•1971: ditemukan Gouraud Shading,

•1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.

•1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger: Keyframe animation and morph ing

•1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.

•1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer

•1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.

Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.

•1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.

•1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.

•1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).

•1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.

•1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama

•Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.

•Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

Menurut saja itu saja

B. Pengertian Komputer Grafis

Menurut Arntson (1988), komputer grafis adalah adalah komputer yang mampu menggambar atau menampilkan sebuah informasi yang berupa gambar atau ilustrasi. Grafika komputer merupakan suatu bidang yang mempelajari bagaimana menghasilkan suatu gambar menggunakan komputer, sehingga didalam grafika komputer akan dibahas tentang teknik-teknik menggambar. Komputer grafis ini terdiri atas satu set piranti untuk menciptakan gambar yang dapat berinteraksi secara alamiah dengan penggunanya.

Peralatan-peralatan itu terdiri atas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang secara bersama-sama memungkinkan pemogram untuk menampilkan program dengan kemampuan grafis yang canggih. Data ditampilkan secara visual melalui bentuk, warna dan tekstur secara lebih baik dibandingkan sekedar tabel-tabel angka, sesab syaraf sistem mata lebih mengenali dan memahami penyampaian pesan secara visual.

C. Elemen-Elemen Komputer Grafis

– Perangkat Keras (hardware)

       1. Procesor

CPU (Central Processing Unit) merupakan otak komputer yang membuat semua perhitungan, intruksi dan menerjemahkan intruksi dari aplikasi komputer.

2. Monitor

Piranti untuk melihat sesuatu atau disebut layar atau tampilan.

3. Kartu VGA

Berperan dalam proses penampilan warna dalam monitor, khususnya untuk gambar-gambar beresolusi tinggi.

4. Memori (RAM)

Dalam menggunakan program disain atau gambar sebaiknya menggunakan RAM yang berkapasitas besar agar menghindari komputer hang atau crash.

5. Perekam (Hard Disk)

     Media penyimpanan file data.

6. Printer

     Mencetak hasil akhir.

7. Perekam Gambar (Scanner)

     Memasukkan citra gambar (2 dimensi) ke dalam komputer sehingga dapat di edit sesuai keinginan.

8. Kamera

     Menangkap citra obyek 3 dimensi diubah menjadi bentuk digital dilengkapi dengan fasilitas pencerna warna.

9. Mouse

     Peralatan yang mampu mengakses secara cepat dalam perpindahan posisi kursor.

D. Software –Software

– Perangkat Lunak (software)

1. Pengolah Grafis 2 Dimensi

                 • Adobe Photoshop

     • Adobe Illustrator

     • Adobe Pagemaker

     • Macromedia FreeHand

     • Corel DRAW

Yang berfungsi untuk menggambar. desain dan ilustrasi. Biasa dimanfaatkan untuk membuat kartu ucapan selamat, sertifikat, logo dan sejenisnya.

• Adobe Photoshop

• Adobe Illustrator

• Adobe Pagemaker

•MacromediaFreeHad

• Corel DRAW

5 macam software yang tertera di atas adalah sebagian kecil dari software yang digunakan dalam komputer grafis tapi ke 5 software itu lah yang paling umum di gunakan dalam dunia desain komunikasi visual.

E. Penerapan Komputer Grafis

• CAD / CAM (Computer Aided Design and Computer Aided Manufacturing). Dengan menggunakan perangkat lunak, seorang teknisi dapat membuat sketsa rancang bangun sebuah gambar atau papan rangkaian tercetak pada layar komputer; komputer dapat meluruskan garis-garisnya, memungkinkan membuat perubahan-perubahan, serta mngendalikan perlengkapan pabrik terotomasi untuk menghasilkan suatu produk.

•  Pekerjaan grafis (cetak mencetak)

• Komputer dapat membuat kemudahan dalam mengedit sebuah gambar dengan mengatur kembali komponen-komponennya, mengubah skala, atau menyisipkan ruangan tambahan.

• Komputer yang dikembangkan secara ekstrim dapat digunakan membangun citra untuk animasi gambar.

F. Pembahasan Singkat Desain Komunikasi Visual

Istilah desain komunikasi visual yang baru populer belakangan ini, sebenarnya baru dikenal di Indonesia pada awal tahun 1980-an. Dimunculkan oleh Gert Dumbar (seorang desainer grafis Belanda) pada tahun 1977, karena menurutnya desain grafis tidak hanya mengurusi cetak-mencetak saja. Namun juga mengurusi moving image, audio visual, display dan pameran. Sehingga istilah desain grafis tidaklah cukup menampung perkembangan yang kian luas. Maka dimunculkan istilah desain komunikasi visual seperti yang kita kenal sekarang ini.

Jika kita memulai mendefinisikan Desain Komunikasi Visual ditinjau dari asal kata (etimologi) istilah ini terdiri dari tiga kata, desain diambil dari kata designo (Itali) yang artinya gambar. Sedang dalam bahasa Inggris desain diambil dari bahasa Latin designare) yang artinya merencanakan atau merancang. Dalam dunia seni rupa istilah desain dipadukan dengan reka bentuk, reka rupa, rancangan atau sketsa ide.

Kemudian kata komunikasi yang berarti menyampaikan suatu pesan dari komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui suatu media dengan maksud tertentu. Komunikasi sendiri berasal dari bahasa Inggris communication yang diambil dari bahasa Latin communis yang berarti sama (dalam Bahasa Inggris:common). Kemudian komunikasi kemudian dianggap sebagai proses menciptakan suatau kesamaan (commonness) atau suatau kesatuan pemikiran antara pengirim (komunikator) dan penerima (komunikan).

Sementara kata visual sendiri bermakna segala sesuatu yang dapat dilihat dan direspon oleh indera penglihatan kita yaitu mata. Berasal dari kata Latin videre yang artinya melihat yang kemudian dimasukkan ke dalam bahasa Inggris visual.

Jadi Desain Komunikasi Visual bisa dikatakan sebagai seni menyampaikan pesan (arts of commmunication) dengan menggunakan bahasa rupa (visual language) yang disampaikan melalui media berupa desain yang bertujuan menginformasikan, mempengaruhi hingga merubah perilaku target audience sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Sedang Bahasa rupa yang dipakai berbentuk grafis, tanda, simbol, ilustrasi gambar/foto, tipografi/huruf dan sebagainya yang disusun berdasarkan kaidah bahasa visual yang khas berdasar ilmu tata rupa. Isi pesan diungkapkan secara kreatif dan komunikatif serta mengandung solusi untuk permasalahan yang hendak disampaikan (baik sosial maupun komersial ataupun berupa informasi, identifikasi maupun persuasi).

Dalam Buku Pengantar Metode Penelitian Budaya Rupa Agus Sachari menjelaskan Desain Komunikasi Visual adalah Profesi yang mengkaji dan mempelajari desain dengan berbagai pendekatan baik hal yang menyangkut komunikasi, media, citra tanda maupun nilai.Desain komunikasi Visual juga mengkaji hal-hal

yang berkaitan dengan komunikasi dan pesan, teknologi percetakan, penggunaan teknologi multimedia dan teknik persuasi pada masyarakat.Ruang lingkup Desain Komunikasi Visual Meliputi:

  1. Advertising (periklanan)
  2. Animasi
  3. Desain identitas Usaha (corporate identity)
  4. Desain Marka lingkungan
  5. Multimedia
  6. Desain Grafis Industri (promosi)
  7. Desain Grafis Media (buku, surat kabar, majalah, dll
  8. Cergam (komik, karikatur, Poster)
  9. Fotografi, tipografi dan ilustrasi.

Bab III. Penutup

A. Kesimpulan

Untuk menghasilkan gambar-gambar yang menarik sangat diperlukan imajinatif kreatif para desainer. Sebab sehebat apapun peralatan komputer tetap manusia yang menentukan hasilnya. Oleh karena itu kunci utama penggunaan  komputer grafis adalah kreativitas  penggunanya. Kelebihan-kelebihan setiap software grafis telah memberikan ruang ekspresi yang lebih luas bagi eksplorasi antar program dalam komputer grafis. Kemampuan mengembangkan dan mengolah setiap jenis program grafis tersebut akan memberikan arti yang lebih pada setiap karya komputer grafis.

Makalah Observasi dan Analisa Iklan

Observasi Iklan dan Analisa Advertising Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Menurut Fandy Tjiptono (2005:226), Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada...
Agus Salim
6 min read

Makalah Profesi dan Karya Artis

Profesi dan Karya Artis Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Artis atau Seniman adalah istilah subyektif yang merujuk kepada seseorang yang kreatif, atau inovatif,...
Agus Salim
2 min read

Makalah Gotong Royong

Gotong Royong Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang...
Ahmad Dahlan
12 min read

Leave a Reply