Keunggulan dan Kekurangan PLTA

45 sec read

Bendungan Sebagai Sumber PEmbangkit LIstrik PLTA

Pembangkit Listrik Tenaga Air telah menjadi sumber energi baru dan terbarukan yang ramah lingkungan. Namun tentu saja terdapat keunggulan dan kekurangan dari PLTA.

Kelebihan dan Kelemahan Penggunaan PLTA

A. Kelebihan

Sebagai pembangkit listrik, PLTA memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:

  1. PLTA merupakan Pmebangkit listrik yang memiliki biaya operasional yang sangat murah karena tidak membutuhkan bahan bakar.
  2. Teknologi dan konstruksi yang sangat sederhana karena memanfaatkan perubahan energi mekanik potensial maupun mekanik untuk diubah menjadi energi listrik.
  3. Sangat minim pencemaran, terutama sumbangsih terhadap konsentrasi gas rumah kaca di udara hampir-hampir 0%.
  4. Dapat diintegrasikan dengan program lainnya seperti perikanan, PDAM dan irigasi.
  5. Membantu aktivitas masyarakat sekitar dengan memanfaatkan Massa air yang besar.

B. Kelemahan

Meskipun berasal dari energi alam, PLTA tetap saja memiliki beberapa kelemahan yakni

  1. Suplai energi listrik dapat berkurang pada musim kemarau terutama pada bendungan yang mengandalkan air hujan sebagai sumber air utama mereka.
  2. Lokasi sumber air massib sering kali berada di daerah terpencil sehingga membutuhkan sistem transmisi jaringan yang sangat jauh yang terkadang membuat energi listrik habis di tengah jalan sebelum sampai di Kota besar yang membutuhkan lebih banyak energi.
  3. Struktur Bendungan memiliki potensi yang berbahaya bagi masyarakat sekitar terutama ketika terjadi bencana alam.
  4. Memiliki potensi merusak lingkungan jika eksploitasi potensi bendungan sebagai perikanan dilakukan secara massive karena mengancam Biodiversity terutama pada spesies yang kurang produktif.

Vektor dan Operasi Matematis Vektor

Vektor adalah besaran yang memiliki arah. Besaran ini memiliki bentuk operasi matematis khusus. Pengertian Vektor Besaran berdasarkan arahnya terdiri dari: Vektor diberi nama dengan...
Ahmad Dahlan
2 min read

Pengukuran Besaran dan Satuan

Pengukuran Pengukuran adalah sebuah proses membandingkan sebuah besaran yang analog dengan tujuan mendapatkan data. Objek yang diukur memiliki besaran dan satuan. A. Besaran dan...
Ahmad Dahlan
2 min read

Leave a Reply