Apakah Islam di Indonesia berbeda daripada di negara-negara mayoritas Muslim lainnya? Jika jadi bagaimana?

4 min read

Apakah Islam di Indonesia berbeda daripada di negara-negara mayoritas Muslim lainnya? Jika jadi bagaimana?

Yulian Ardiansyah

Islam (agama) adalah sama di mana-mana. Muslim di Indonesia membaca yang sama Quran, berdoa lima kali sehari, puasa Ramadhan dan merayakan liburan Idul Fitri sebagai Muslim di negara lain.

Namun ada perbedaan dalam menginterpretasikan apa yang tertulis dalam Al-Quran dan juga pada berbagai hal lain mengenai Islam yang berasal dari beberapa sekolah yang berbeda dari hukum Islam (mazhab / mazhab). Muslim Indonesia umumnya mengikuti pandangan Syafi’i sementara daerah lain mungkin mengikuti yang berbeda.

Tapi tidak peduli apa mazhab bahwa Muslim mengikuti di sini, saya berpikir bahwa geografi dan adat budaya masyarakat Indonesia memainkan peranan yang lebih besar dalam membentuk karakteristik umat Islam Indonesia. Dan juga, dengan penyebaran Islam di Jawa pada abad ke-14 yang dilakukan oleh “wali” (wikipedia.org) yang membawa pengaruh sufisme dalam mengajar mereka, umat Islam Indonesia lebih toleran terhadap agama dan kepercayaan lain dibandingkan dengan Muslim di beberapa (jika tidak sebagian besar) negara-negara Timur Tengah. Hal ini dapat terjadi karena mereka wali disesuaikan – bukan dari dihadapkan atau flat-out ditolak – budaya lokal yang memiliki akar dalam agama Hindu dan / atau animisme dan dinamisme dan menggunakannya untuk mengajarkan pesan-pesan Islam kepada masyarakat umum.

Itulah sebabnya, tepat setelah deklarasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, para pemimpin Indonesia, menyadari pentingnya “Unity in Diversity” (atau Bhinneka Tunggal Ika di sanskrit sebagai motto bangsa), memutuskan untuk mengubah usulan pertama dari konstitusi pembukaan untuk menghindari kemungkinan mengasingkan praktisi dari agama lain.

Versi yang lebih lengkap dari bagian dari proposal – yang sekarang dikenal sebagai “Piagam Jakarta” (Jakarta charter) adalah sebagai berikut:

    (…) Keyakinan pada Tuhan, dengan kewajiban bagi para pengikut agama Islam untuk mematuhi hukum Islam, sesuai dengan prinsip kemanusiaan yang adil dan, persatuan Indonesia, dan demokrasi yang dipimpin oleh bimbingan yang bijaksana melalui konsultasi / representasi, memastikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Yang diubah menjadi:

    (…) Keyakinan dalam satu dan hanya Allah, sesuai dengan prinsip kemanusiaan yang adil dan, persatuan Indonesia, dan demokrasi yang dipimpin oleh bimbingan yang bijaksana melalui konsultasi / representasi, memastikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ini perlu untuk menyebutkan bahwa Mohammad Hatta, co-proklamator kemerdekaan Indonesia dan wakil presiden pertama Indonesia, yang taat dan berlatih Muslim sendiri, resmi perubahan ini setelah saran dari A.A. Maramis, seorang Katolik, berdasarkan nya (Maramis) konsultasi dengan anggota komite lain yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan proklamasi kemerdekaan – salah satu dari mereka adalah Ki Bagus Hadikusumo, pemimpin organisasi Muhammadiyah.

Hal ini dapat dianggap sebagai contoh dari sifat moderat dan toleran yang masih dipegang dan dipraktekkan oleh mayoritas umat Islam Indonesia saat ini.

Namun, memang benar bahwa ada beberapa organisasi yang mengabaikan aspek toleransi yang penting di negara yang beragam seperti Indonesia. Mereka mencoba untuk mendorong agenda mereka sendiri untuk “memurnikan Islam” di Indonesia – tidak mengherankan karena afiliasi mereka sering dari “garis keras” di Timur Tengah dengan interpretasi yang ketat mereka sendiri dari agama. Hal ini juga diketahui bahwa mereka menerima dukungan keuangan dari sana untuk menyebarkan mereka “Wahhabisme” pengaruh di Indonesia. Bahkan ada sebuah organisasi yang mencoba untuk membuat-Selatan pan Timur khalifah Asia dan lain dengan tujuan kurang ambisius tapi masih berusaha untuk mengubah Indonesia menjadi “negara Islam”.

Untungnya, dibandingkan dengan umat Islam Indonesia yang tidak berbagi ide-ide mereka, dengan pandangan moderat tentang Islam dan masih mempertahankan toleransi terhadap penganut agama lain, jumlah mereka masih minoritas kecil. Meskipun mereka mampu mendapatkan beberapa traksi dan sejumlah besar pendukung dalam politik Indonesia terutama selama pemilu pertama dan kedua setelah gerakan reformasi pada tahun 1998, tapi setelah serangkaian blunder yang melibatkan kasus korupsi, penghinaan terang-terangan dan fitnah terhadap salah satu calon presiden di pemilu terakhir, dan penolakan keras kepala mereka untuk menerima orang Indonesia keturunan Cina – dan seorang Kristen juga – untuk menjadi gubernur Jakarta sementara gagal untuk memberikan calon lain yang setidaknya memenuhi syarat untuk memerintah kota dari antara barisan mereka, mereka re hanya membuat masyarakat umum untuk melihat mereka di tampilan semakin negatif: itu diberi kesempatan, mereka hanya sebagai korup karena kebanyakan politisi, bahwa mereka kekerasan, rasis, xenophobia dan tidak akan ragu-ragu untuk menghalalkan segala cara untuk mencapai mereka gol.

Singkatnya, mayoritas umat Islam Indonesia yang menjalani hidup mereka dengan cara yang pendiri kami telah menunjukkan dan dimaksudkan: Bhinneka Tunggal Ika. Bersatu dalam perbedaan. Ini bukan untuk mengatakan bahwa semuanya lancar, karena kita masih memiliki saham kami masalah sebagai bangsa mengenai diskriminasi dan / atau kekerasan yang menuju penganut agama lain, dan dengan minoritas vokal yang masih berusaha untuk mendorong pandangan tidak toleran mereka sendiri, tetapi secara keseluruhan, kami masih suceed dalam membuat bangsa ini maju bersama.

Dan kami berniat untuk tetap seperti itu.
5.8k Views · View upvotes
Pertanyaan terkait
Jawaban yang lebih bawah

    Bagaimana Muslim di seluruh dunia melihat Islam di Indonesia?
    Apakah waktu itu India dan Amerika mengumpulkan dukungan dari negara-negara Islam lainnya terhadap teroris Muslim lainnya?
    Mengapa Indonesia jauh lebih damai daripada negara-negara lain didominasi oleh agama Islam Sunni?
    Apa bangsa lain “mudik” budaya seperti Indonesia?
    Islam: Selain Indonesia, apakah ada negara muslim mayoritas dengan demokrasi legit?

Nicole Danuwidjaja

95% dari orang-orang yang tinggal di Indonesia adalah Muslim. 12,7% dari populasi dunia Muslim tinggal di Indonesia. Itu sekitar 196.800.000 orang – hampir dua ratus juta!

Indonesia memiliki paling orang-orang yang Islam di dunia. Sekarang saya hanya mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat sekuler, meskipun jumlah besar Muslim. Hal ini kurang ekstrim dari negara-negara Muslim lainnya dalam hal menegakkan aturan agama.

Banyak wisatawan datang ke tempat-tempat populer di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Jogjakarta, Lombok, Surabaya dan disambut dengan tangan terbuka oleh penduduk asli. Kota-kota sekarang memiliki banyak pusat perbelanjaan, mal, dan atraksi, dan Anda bisa menjadi seorang turis dan bahkan tidak menyadari bahwa Anda sedang memasuki negara-negara Muslim terbesar di dunia!

Bagi wisatawan, itu tidak benar-benar banyak perhatian, tapi FPI (Front Pembela Islam / Front Pembela Islam) adalah kelompok radicalist yang melakukan kejahatan kebencian di seluruh Indonesia, secara khusus menargetkan minoritas. (Terutama non-Muslim, yang biasanya Cina-Indonesia) Kelompok-kelompok ekstremis sangat langka, meskipun. Semakin pedesaan Anda bepergian ke, lebih dari budaya Islam yang akan Anda hadapi.
 

Agraprana Pahlawan
Ajaran Islam di Indonesia tidak dilakukan dengan menaklukkan atau perang seperti di India atau Afrika Utara.
 Setelah abad ke-16 sampai akhir penjajahan, Indonesia memiliki tradisi unik dan memiliki ritual sendiri misalnya Islam Kejawen di Jawa. Islam Kejawen itu ada karena asimilasi dengan animisme, takhayul percaya, ajaran Islam dan budaya Hindu. Biasanya, selama perayaan Islam seperti Kelahiran Nabi, atau ketika mereka ingin berdoa kepada Tuhan, mereka menggunakan sesajen dan berdoa dengan bahasa Arab atau mantra.
Sesajen
Tapi di era pasca-kemerdekaan, tradisi Islam Kejawen ditinggalkan karena modernisasi dan peradaban. Saat ini banyak ulama mengatakan bahwa Islam Kejawen tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Anonim
Jika kita berbicara tentang budaya agama, maka ada perbedaan. Misalnya, di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, kue beras dibungkus dengan daun disebut Ketupat sering digunakan untuk merayakan Idul Fitri (Mereka menyebutnya “lebaran” di Indonesia).

Patriawa Norman
Penyebaran islam di Indonesia berbeda dengan negara lain, itu tidak melalui aneksasi atau tanah akuisisi dan perang yang umum dari timur tengah untuk Hindustani. Di Indonesia, itu sebagian besar melalui perdagangan. Bahkan Islam yang dikenal pada tahun 1920 sangat berbeda daripada yang dikenal saat ini. Saat ini ada akan lebih banyak pengaruh baru dari timur tengah karena politik, dll.

Desain Penelitian Eksperimen

Penelitian kuantitatif merupakan salah satu penelitian pendidikan. Penelitian pendidikan sangatlah sulit ditentukan jawabannya karena kondisi di lapangan yang sering berubah, yang berakibat pada derajat...
Ahmad Dahlan
7 min read

Laporan Praktikum Kimia Dasar I Reaksi-Reaksi Kimia

Reaksi-Reaksi Kimia A. Tujuan Percobaan Memperajari sifat-sifat kimia suatu zat melalui reaksi-reaksi kimia. B. Dasar Teori Reaksi kimia merupakan reaksi senyawa dalam larutan (air). Perubahan...
Ananda Dwi Putri
16 min read

Apa perbedaan Bilangan Nyata Dengan Imajiner?

Bilangan nyata adalah bilangan yang sesuai dengan namanya. Kebalikan dengan bilangan khayal, bilangan nyata mewakili nilai sebenarnya tidak berputa-pura atau berkhayal. Bilangan nyata yang merupakan...
Ahmad Dahlan
34 sec read

Leave a Reply