Islam di Indonesia: Sejarah Masuk Islam di Indonesia dan Islam Saat Ini

5 min read

Islam di Indonesia: Sejarah Masuk Islam di Indonesia  dan Islam Saat Ini

Pendidikan. Indonesia mengandung populasi Muslim terbesar dari semua negara di dunia. Saat ini jumlah penduduk Muslim diperkirakan sekitar 207 juta orang, yang sebagian besar menganut Islam Sunni. sejumlah besar ini menunjukkan bahwa sekitar 13 persen dari total jumlah Muslim di dunia hidup di Indonesia, yang mengindikasikan bahwa Indonesia memiliki populasi mayoritas Muslim jelas. Tapi meskipun mayoritas Muslim ini, negara tidak merupakan negara Muslim atau Islam berdasarkan hukum Islam.

Sebaliknya, Indonesia adalah negara demokrasi sekuler dengan pengaruh Islam yang kuat. Karena perdebatan politik awal topik dasar ideologi bangsa Indonesia, kelompok Islam yang ketat tertentu (termasuk beberapa partai politik) telah berbicara untuk mendukung pembentukan sebuah negara Muslim. Namun, seperti Indonesia berisi puluhan jutaan non-Muslim serta mayoritas Muslim nominal, pembentukan sebuah negara Islam (bersama-sama dengan pelaksanaan hukum syariah) telah selalu dianggap sebagai pemicu perpecahan dan panggilan untuk separatisme. Partai-partai politik yang mendukung negara Islam tidak pernah mampu untuk mendapatkan mayoritas suara populer sepanjang sejarah politik Indonesia. Berdasarkan hasil pemilu selama masa Reformasi saat ini, partai-partai Islam ketat yang benar-benar kehilangan tanah ke partai-partai sekuler dan karena itu tampaknya tidak mungkin bahwa Indonesia akan menjadi negara Muslim di masa mendatang.

Proses Islamisasi di Indonesia (atau lebih tepat, di daerah kami sekarang tahu sebagai Indonesia) telah berlangsung selama berabad-abad dan masih berlanjut hari ini. Islam menjadi kekuatan berpengaruh melalui serangkaian gelombang (perdagangan internasional, pembentukan berbagai berpengaruh Kesultanan Muslim, dan gerakan sosial) yang dijelaskan lebih rinci di bawah. Namun, saat ini Islam Indonesia juga ditandai dengan berbagai sebagai daerah masing-masing mengalami sejarah yang unik, dinodai oleh pengaruh yang unik dan terpisah. Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya, Indonesia – secara keseluruhan – mengalami sejarah bersama yang lebih umum karena penjajah (dan dilanjutkan oleh nasionalis Indonesia) menempatkan kerangka kerja nasional di berbagai daerah. Proses penyatuan juga memiliki dampak pada Islam Indonesia yang – dalam kecepatan lambat – kehilangan ragam. Tapi ini harus dianggap sebagai perkembangan logis dalam proses Islamisasi di negara itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, media – baik nasional maupun internasional – telah sering melaporkan serangan terhadap agama minoritas di Indonesia (seperti Ahmadiyah dan Kristen). Beberapa kelompok Muslim radikal seperti Front Pembela Islam (Front Pembela Islam) menggunakan kekerasan (atau ancaman kekerasan) untuk mencapai cita-cita mereka; juga terhadap komunitas Muslim itu sendiri, misalnya dengan menyerang Muslim yang menjual makanan di siang hari selama bulan suci Ramadan. Hal ini mengkhawatirkan bahwa pemerintah Indonesia dan peradilan Indonesia tidak bersikap tegas terhadap kelompok-kelompok radikal seperti itu, menunjukkan bahwa pemerintah memiliki monopoli lemah pada kekerasan. Tetapi juga harus menekankan, bagaimanapun, bahwa – sejauh – mayoritas masyarakat Muslim Indonesia sangat mendukung masyarakat pluralis dan harmonis agama.

Kepulauan Indonesia dengan penduduk mayoritas Muslim:

1. Sumatera
2. Java
3. Kalimantan (daerah pesisir)
4. Sulawesi
5. Lombok
6. Sumbawa
7. Maluku Utara

Bagian barat terpadat dari Indonesia mengandung komunitas Muslim yang relatif jauh lebih besar daripada bagian timur. Sebagai perdagangan memainkan peran penting dalam proses Islamisasi di Indonesia, pulau-pulau dekat dengan jalur perdagangan utama menerima pengaruh lebih Islami. Western Indonesia, bagian dari jaringan perdagangan global dari awal sejarah manusia, itu jauh lebih terkena pengaruh Islam yang terkait dengan perdagangan seperti, maka mengalami naik turunnya kesultanan Islam dari abad ke-13. Khususnya Selat Malaka (antara masa kini Malaysia dan Indonesia) adalah – dan masih – salah satu yang tersibuk jalur laut mengenai perdagangan.

Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi makro yang kuat: kelas menengah negara berkembang pesat seperti yang ditunjukkan pada yang terus meningkat produk domestik bruto per kapita (yang berarti orang dapat mengkonsumsi lebih banyak produk dan jasa), dan masyarakat di Indonesia – seperti dunia sekarang ini – menjadi semakin urbanisasi (suatu proses yang terkait erat dengan modernisasi dan industrialisasi). Mengingat bahwa hampir 90 persen dari total penduduk Indonesia adalah Muslim, komunitas ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan ini. Di kota-kota negara lebih besar (khususnya di Jawa, pulau terpadat di Indonesia) komunitas ini menunjukkan gaya hidup yang semakin konsumtif. Hal ini terutama berlaku untuk komponen Muslim moderat yang besar dalam komunitas ini. Mereka semakin hidup ‘modern’ gaya hidup urban, yang dilengkapi dengan perangkat elektronik terbaru dan fashion. indikator penting seperti penjualan mobil dan internet atau penetrasi ponsel telah meningkat cepat dalam beberapa tahun terakhir, sementara orang dewasa muda dari kelas menengah dan elit sering dapat ditemukan santai di tempat-tempat seperti Starbucks di salah satu dari banyak mal mewah di kota-kota besar .

Kedatangan Islam ke Indonesia

Meskipun sulit untuk merekonstruksi pengembangan yang tepat dari Islamisasi awal di Nusantara (karena kurangnya sumber), tampaknya yakin bahwa perdagangan internasional memainkan faktor penting. Ada mungkin adalah pedagang Muslim asing di Asia Tenggara maritim dari awal di era Islam. Sumber pertama yang menginformasikan kepada kami tentang masyarakat adat berpegang Islam berasal dari awal abad ke-13; batu nisan menunjukkan adanya kerajaan Islam di Sumatera Utara sekitar 1211. kerajaan Mungkin adat mengadopsi agama baru karena mensyaratkan keuntungan tertentu dalam perdagangan sebagai mayoritas pedagang Muslim. Masih belum jelas, namun, mengapa konversi adat Islam tampaknya memiliki terjadi berabad-abad setelah wilayah tersebut berkenalan dengan agama ini. Hanya dari abad ke-15 kerajaan dan kesultanan seterusnya Islam menjadi kekuatan politik yang dominan di Nusantara, meskipun kekuatan ini itu harus dirusak oleh pendatang baru Eropa (Portugis dan Belanda) mulai dari abad ke-16 dan ke-17.

Varietas Islam Indonesia

Kedatangan Islam ke Nusantara memiliki dampak yang berbeda pada masyarakat lokal tergantung pada konteks sejarah dan sosial dari daerah mana itu tiba. Di beberapa bagian kota-kota Nusantara muncul sebagai akibat dari pedagang Muslim asing menetap di sana. Di bagian lain Islam tidak pernah menjadi mayoritas agama, mungkin karena jarak dari rute perdagangan penting (seperti Indonesia bagian timur). Di bagian mana ada kehadiran yang kuat animisme atau Hindu-Buddha budaya, Islam bertemu hambatan budaya yang mendalam (seperti di pulau Bali yang masih didominasi oleh budaya Hindu hari ini) atau menjadi dicampur dengan yang sudah ada (animisme) keyakinan-sistem (contoh yang masih dapat ditemukan di Jawa Tengah).

Sejak penerbitan buku Clifford Geertz berwibawa ‘The Religion of Java’ (diterbitkan pada tahun 1960) ulama cenderung membagi komunitas Muslim Jawa di Indonesia (komunitas Muslim terbesar dari Indonesia) dalam dua kelompok:

• Abangan; ini adalah Muslim tradisional dalam arti bahwa mereka masih menerapkan tradisional Jawa dogmatis; pencampuran Islam dengan Hindu, Buddha dan tradisi animisme. Anggota dari kelompok ini umumnya memiliki latar belakang pedesaan.

• Santri; ini dapat diberi label sebagai Muslim ortodoks. Mereka terutama dari latar belakang perkotaan dan lebih berorientasi masjid dan Al-Quran.

Geertz sebenarnya juga diakui kelas ketiga, priyayi (birokrasi tradisional), tetapi karena merupakan kelas sosial daripada satu agama, itu tidak termasuk di atas.

Penyebaran Islam di Indonesia tidak harus dilihat sebagai proses cepat yang berasal dari satu asal atau sumber melainkan sebagai beberapa gelombang Islamisasi di koherensi dengan perkembangan internasional di dunia Islam, sebuah proses yang masih berlangsung hingga saat ini (seperti dijelaskan di atas, pedagang Muslim yang datang ke kepulauan di abad pertama era Islam dapat dianggap sebagai gelombang pertama). Dua gelombang reformasi penting yang bertujuan untuk kembali ke Islam yang murni – seperti itu selama hari-hari Nabi Muhammad – adalah Wahabi dan gerakan Salafi. Wahhabisme berasal dari Saudi dan tiba di kepulauan di awal abad ke-19. Gerakan Salafi datang dari Mesir pada akhir abad ke-19. Kedua gelombang ini memiliki dampak besar pada penyebaran Islam ortodoks di nusantara. Perkembangan penting lainnya untuk Islamisasi di Indonesia adalah pembukaan Suez Canal pada tahun 1869 karena – seperti itu membuat perjalanan ke Mekkah mudah – tersirat jumlah yang lebih besar dari jamaah antara Indonesia dan Mekah. Ini akibatnya intensif kontak dengan pusat-pusat keagamaan di Timur Tengah.

Namun, gelombang ini Islamisasi juga telah menyebabkan ketegangan dan perpecahan dalam masyarakat Islam Indonesia tidak semua orang setuju dengan kedatangan aliran ortodoks Islam. Misalnya, perbedaan antara modernis (santri) dan tradisional (abangan) masyarakat di Jawa sebenarnya hasil dari reaksi tradisionalis ‘terhadap gerakan reformasi pada abad ke-19. Divisi ini masih terlihat di dua organisasi Islam paling berpengaruh di negara saat ini. Muhammadiyah, sebuah organisasi sosial yang didirikan pada tahun 1912 di Jawa, merupakan aliran Islam modernis yang tidak menyetujui mistik (tradisional) Islam Jawa. Saat ini organisasi ini memiliki sekitar 20 juta anggota. Sebagai reaksi terhadap pembentukan Muhammadiyah, pemimpin tradisional Jawa mendirikan Nahdlatul Ulama (NU) pada tahun 1926. Anggota NU dipengaruhi oleh aliran mistik atau elemen pra-Islam. kepemimpinannya juga ditandai dengan menjadi lebih toleran terhadap agama lain. jumlah kantor anggota saat ini sekitar 35 juta.

Islam radikal di Indonesia

Selama dua dekade terakhir Islam telah menjadi lebih terlihat di jalan-jalan di Indonesia dan sudah mulai memainkan peran yang lebih penting dalam urusan sehari-hari kaum muslimin. Misalnya, jumlah perempuan Indonesia yang memakai jilbab (jilbab) telah meningkat secara signifikan, dan telah menjadi lebih umum untuk mengunjungi masjid. Namun, penting untuk menggarisbawahi bahwa perkembangan ini Islamisasi tidak harus keliru untuk radikalisme Islam. Sejauh sebagian besar umat Islam Indonesia yang toleran terhadap agama lain atau aliran lain dalam Islam. Hanya sebagian kecil masyarakat Indonesia setuju dengan dan / atau berpartisipasi dalam kegiatan radikal atau teroris. Meskipun radikalisme Muslim di Indonesia telah diberikan banyak perhatian sejak serangan 9/11 di New York (terutama setelah bom Bali dan Jakarta pada tahun 2000-an), itu bukan fenomena baru ke negara itu. Insiden yang melibatkan radikalisme Islam telah menyaksikan sebelumnya, seperti pemberontakan Darul Islam pada tahun 1950, pemberontakan daerah di akhir 1950-an, pembantaian komunis tahun 1965-1966, pembajakan pesawat pada tahun 1981, beberapa serangan terhadap gereja-gereja Kristen dan Buddha monumen , serta beberapa tindakan terhadap bordil, bar dan kasino dalam beberapa dekade terakhir.

Desain Penelitian Eksperimen

Penelitian kuantitatif merupakan salah satu penelitian pendidikan. Penelitian pendidikan sangatlah sulit ditentukan jawabannya karena kondisi di lapangan yang sering berubah, yang berakibat pada derajat...
Ahmad Dahlan
7 min read

Laporan Praktikum Kimia Dasar I Reaksi-Reaksi Kimia

Reaksi-Reaksi Kimia A. Tujuan Percobaan Memperajari sifat-sifat kimia suatu zat melalui reaksi-reaksi kimia. B. Dasar Teori Reaksi kimia merupakan reaksi senyawa dalam larutan (air). Perubahan...
Ananda Dwi Putri
16 min read

Apa perbedaan Bilangan Nyata Dengan Imajiner?

Bilangan nyata adalah bilangan yang sesuai dengan namanya. Kebalikan dengan bilangan khayal, bilangan nyata mewakili nilai sebenarnya tidak berputa-pura atau berkhayal. Bilangan nyata yang merupakan...
Ahmad Dahlan
34 sec read

Leave a Reply