Apa Pengertian Belajar?

1 min read

Pengertian Belajar

Belajar adalah perubahan perilaku yang relatif bertahan lama yang merupakan hasil dari pengalaman. Ini adalah perolehan informasi, pengetahuan, dan keterampilan. Ketika Anda berpikir tentang belajar, mudah untuk fokus pada pendidikan formal yang berlangsung selama masa kanak-kanak dan dewasa awal. Tetapi belajar adalah proses berkelanjutan yang terjadi sepanjang hidup dan tidak terbatas pada ruang kelas.

Belajar menjadi fokus utama studi dalam psikologi selama bagian awal abad ke-20 ketika behaviorisme naik menjadi aliran pemikiran utama. Saat ini pembelajaran tetap menjadi konsep penting dalam berbagai bidang psikologi, termasuk psikologi kognitif, pendidikan, sosial, dan perkembangan.

Belajar Adalah Proses Aktif

Bahkan jika Anda mempelajari sesuatu dengan relatif cepat, itu masih merupakan proses multi-langkah. Untuk belajar, Anda harus menemukan informasi baru, memperhatikannya, mengoordinasikannya dengan apa yang sudah Anda ketahui, menyimpannya dalam ingatan Anda, dan menerapkannya.2

Misalnya, Anda ingin memperbaiki toilet yang sedang berjalan. Anda dapat mencari video petunjuk, menontonnya untuk melihat apakah itu sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu gunakan petunjuk untuk melakukan perbaikan. Atau, pertimbangkan saat Anda menemukan kata asing saat membaca. Jika Anda berhenti untuk mencari artinya, maka Anda belajar kata baru.

Hasil Belajar

Belajar berarti mempertahankan pengetahuan yang Anda peroleh. Jika Anda melihat kosakata baru itu dalam konteks lain, Anda akan mengerti artinya. Jika toilet mulai bekerja lagi di masa mendatang, Anda mungkin perlu menonton video lagi untuk menyegarkan ingatan Anda tentang cara memperbaikinya, tetapi Anda memiliki pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan.

Belajar Terjadi Sebagai Hasil Dari Pengalaman

Proses pembelajaran dimulai ketika Anda memiliki pengalaman baru, baik itu membaca kata baru, mendengarkan seseorang menjelaskan suatu konsep, atau mencoba metode baru untuk memecahkan suatu masalah. Setelah Anda mencoba teknik merebus telur atau cara lain untuk berhasil, Anda dapat menentukan apakah itu berhasil untuk Anda dan kemudian menggunakannya di masa mendatang.

Belajar Bisa Mempengaruhi Sikap, Pengetahuan, atau Perilaku
Ada jauh lebih banyak hal untuk dipelajari daripada “pembelajaran buku”. Ya, Anda dapat mempelajari kata, konsep, dan fakta baru. Tapi Anda juga bisa belajar bagaimana melakukan sesuatu dan bagaimana merasakan sesuatu.

Penting untuk diingat bahwa belajar dapat melibatkan perilaku yang bermanfaat dan negatif. Belajar adalah bagian alami dan berkelanjutan dari kehidupan yang berlangsung terus menerus, baik menjadi lebih baik maupun lebih buruk.

Terkadang belajar berarti menjadi lebih berpengetahuan dan menjalani kehidupan yang lebih baik. Dalam kasus lain, itu berarti belajar perilaku yang merugikan kesehatan dan kesejahteraan.

Leave a Reply