Ciri-ciri Penelitian Kualitatif

45 sec read

  1. Metode penelitian kualitatif biasanya mengumpulkan data secara langsung, dimana partisipan sedang mengalami masalah atau masalah. Ini adalah data real-time dan jarang membawa peserta keluar dari lokasi geografis untuk mengumpulkan informasi.
  2. Peneliti kualitatif biasanya mengumpulkan berbagai bentuk data, seperti wawancara, observasi, dan dokumen, daripada mengandalkan satu sumber data.
  3. Jenis metode penelitian ini bekerja untuk memecahkan masalah yang kompleks dengan menguraikan kesimpulan yang bermakna, yang mudah dibaca dan dipahami oleh semua orang.
  4. Karena ini adalah metode yang lebih komunikatif, orang dapat membangun kepercayaan mereka pada peneliti dan informasi yang diperolehnya mentah dan tidak tercemar.

Metode penelitian kualitatif studi kasus

Mari kita ambil contoh pemilik toko buku yang sedang mencari cara untuk meningkatkan penjualan dan jangkauan pelanggan mereka. Anggota komunitas online yang merupakan pelanggan setia toko buku diwawancarai dan pertanyaan terkait diajukan dan pertanyaan tersebut dijawab oleh mereka.

Di akhir wawancara, diketahui bahwa sebagian besar buku di toko cocok untuk orang dewasa dan pilihan untuk anak-anak atau remaja tidak cukup.

Dengan melakukan penelitian kualitatif ini pemilik toko buku menyadari apa kekurangannya dan apa yang dirasakan pembacanya. Melalui penelitian ini sekarang pemilik toko buku dapat menyimpan buku untuk berbagai kategori usia dan dapat meningkatkan penjualan dan jangkauan pelanggannya.

Contoh metode penelitian kualitatif semacam itu dapat menjadi dasar untuk melakukan penelitian kuantitatif lebih lanjut, yang memberikan solusi.

Perbedaan Paradigma Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Perbedaan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif A. Pengertian Paradigma Istilah paradigma pertama kali diperkenalkan oleh Thomas Kuhn (1962) kemudian dipopulerkan oleh Robert Friedrichs (1970). Menurut...
Ahmad Dahlan
4 min read

Uji Validitas Kuesioner Penelitian

Uji Validitas Kuisioner dalam Penelitian adalah upaya yang dilakukan untuk memberikan jamina instrumen yang digunakan sudah tepat mengukur nilai dari variabel penelitian yang hendak...
Ahmad Dahlan
3 min read

Leave a Reply