Pengertian dan Contoh Isu Lokal dan Global

1 min read

Pengertian ISu dan contohnya

Isu Lokal dan Global merupakan salah satu subjek dan aspek yang selalu menarik untuk dikaji.

Pengertian Isu

Isu merupakan sebuah masalah yang menjadi perhatian dan kontroversi yang sifatnya harus diselesaikan. Isu mencakup seluruh masalah dan aspek yang menjadi kajian manusia seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum dan sebagainya.

A. Isu Lokal

Isu lokal adalah masalah yang muncul dan berdampak hanya bagi orang-orang yang berada disekitar isu tersebut menyebar. Ruang lingkup yang dipengaruhi Isu terbilang kecil namun masih dikelompokkan misalnya mencakup wilayah tertentu seperti pedesaan, Perkotaan, Provinsi dan sejenisnya.

Contoh Isu Lokal

Contoh Isu dengan ruang lingkup kecil

  1. Isu hewan pemakan ternak yang berkeliaran di malam hari. Isu ini hanya berdampak pada satu atau dua desa.
  2. Isu tawuran antar remaja di sekolah yang berada di wilayah timur.
  3. Isu kerusakan lingkungan sungai karena tambang pasir ilegal.

B. Isu Global

Isu Global adalah permasalahan yang muncul dengan dampak yang ditimbulkan dalam ruang lingkup yang lebih luas. Hal ini akan menjadi perhatian global karena efek negatifnya akan dirasakan oleh pihak diluar dari daerah yang terjadi masalah.

Isu Global pada umumnya mencakup masalah masalah umum dalam bidang lingkungan, wabah penyakit, kesenjangan dan kemiskinan, pelanggaran HAM dan sejenisnya. PBB telah menyusun Tujuan Pembangunan Global yang disebut SDG yang memasukan 17 isu global yang harus diselesaikan.

Contoh Isu Global

  1. Tidak Ada Kemiskinan: Mengakhiri kemiskinan dalam semua bentuk dan di semua tempat.
  2. Tidak Ada Kelaparan: Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, meningkatkan gizi, dan mendorong pertanian berkelanjutan.
  3. Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan: Memastikan kesehatan yang baik dan meningkatkan kesejahteraan untuk semua orang pada semua usia.
  4. Pendidikan Berkualitas: Memastikan akses pendidikan yang inklusif, berkualitas, dan berkeadilan serta mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.
  5. Kesetaraan Gender: Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan gadis.
  6. Air Bersih dan Sanitasi: Memastikan ketersediaan dan pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan bagi semua orang.
  7. Energi Terjangkau dan Bersih: Memastikan akses semua orang terhadap energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern.
  8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi: Mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta menciptakan pekerjaan layak untuk semua orang.
  9. Industri, Inovasi, dan Infrastruktur: Membangun infrastruktur yang tangguh, mendorong industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan, serta mendorong inovasi.
  10. Ketimpangan yang Dapat Dikurangi: Mengurangi ketimpangan dalam dan antar negara.
  11. Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan: Membuat kota dan pemukiman manusia menjadi inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.
  12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab: Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.
  13. Tindakan Terhadap Perubahan Iklim: Mengambil tindakan mendesak untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya.
  14. Kehidupan Bawah Air: Mempertahankan dan menggunakan secara berkelanjutan sumber daya laut, dan kelautan bagi pembangunan yang berkelanjutan.
  15. Kehidupan di Darat: Melindungi, memulihkan, dan mempromosikan pengelolaan hutan yang berkelanjutan, pengelolaan lahan, dan menghentikan kerusakan lahan.
  16. Perdamaian, Keadilan, dan Institusi yang Kuat: Mendorong masyarakat yang damai, inklusif, serta mendorong akses yang adil terhadap sistem keadilan.
  17. Kemitraan untuk Tujuan: Meningkatkan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui kemitraan global yang solid.

Leave a Reply