Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

1 min read

Seperti yang telah kita ketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar banyak jenisnya, tetapi dapat digolongkan menjadi dua golongan saja, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal adalah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang ada di luar diri individu tersebut.

Sedangkan menurut Sofyatiningrum (2001: 45) “faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa tidak lepas dari dari faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa itu sendiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa yaitu faktor internal dan eksternal”.

Faktor internal terdiri atas faktor-faktor jasmaniah, psikologi, minat, motivasi dan cara belajar. Faktor eksternal yaitu faktor keluarga, sekolah dam masyarakat.

Salah satu faktor ekternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor sekolah, yang mencakup metode mengajar, kurikulum, relasi guru siswa, sarana, dsb.

Metode mengajar adalah salah satu cara yang digunakan di dalam mengajar. Dalam proses pembelajaran maka hasil belajar diwujudkan dengan perubahan tingkah laku seseorang dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik secara utuh.

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah: adanya materi, faktor lingkungan, faktor instrumental, faktor individu siswa serta faktor proses pembelajaran.

Faktor-faktor tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Ada materi yang dipelajari

Yakni berkaitan dengan materi yang diberikan pada siswa. Jika siswa telah memahami atau telah mengetahui konsep dalam pengalaman siswa, maka akan mempercepat proses penguasaan materi.

2. Faktor lingkungan siswa

Artinya faktor yang berkaitan dengan lingkungan siswa. Jika lingkungan menguntungkan, melengkapi serta mampu mempengaruhi siswa lebih cepat menguasai materi dan mempengaruhi prestasi atau hasil belajar siswa.

3. Faktor instrumental

Yakni berkaitan dengan sarana dan prasarana yang ada saat pembelajaran siswa. Misalnya media pembelajaran, kelengkapan alat siswa berupa buku paket, serta kepedulian orang tua dalam memenuhi kelengkapan belajar anak.

4. Keadaan individu siswa

Artinya berkaitan dengan motivasi atau minat belajar siswa, karena faktor minat sebagai faktor penentu keberhasilan siswa. Meskipun berbagai sarana terpenuhi, lingkungan mendukung serta kepedulian orang tua tinggi, akan tetapi minat tidak ada, akan menyebabkan rendahnya prestasi.

5. Proses pembelajaran

Berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Faktor ini meliputi perencanaan, pelaksanaan serta tindak lanjut dalam pembelajaran.

Pengelolaan kelas sesuai dengan langkah, materi, metode serta penggunaan media yang ada akan mempengaruhi proses transformasi nilai-nilai pembelajaran pada siswa. (Mulyasa, 2003:12)

Berdasarkan pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal yang antara lain berupa kondisi jasmaniah, psikologi, minat, motivasi, dan cara belajar serta faktor eksternal yaitu faktor keluarga, masyarkat dan lingkungan.

Secara khusus faktor yang berhubungan dengan sekolah yakni : materi, lingkungan belajar, instrumental,  individu siswa serta proses pembelajaran juga sangat berpengaruh terhadap kaberhasilan belajar siswa.
Faktor sekolah tentunya harus kita perhatikan dengan seksama sebab peran guru sangat besar dalam mengkondisikan faktor tersebut.

Wassalamu’alaikum…
Source :

  1. Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  2. Sofyatiningrum, Etti. 2001. Pengaruh Umpan Balik Guru Terhadap Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SLTP Muhammadiyah 22 Pamulang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Depdikbud

Makalah Usaha Kecil dan Koperasi

Usaha Kecil dan Koperasi Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Stabilitas ekonomi yang tidak merata sehingga banyak sebagian dari penduduk yang keterbatasan ekonomi makin...
Agus Salim
8 min read

Makalah Bank Syariah

Bank Syariah Bab I. Pendahuluan A. Pendahuluan Bank Bagi Hasil sering disebut Bank Syariah (Bank Islam) merupakan lembaga perbankan yang menggunakan sistem dan operasi...
Agus Salim
16 min read

Makalah Kehidupan ‘Nyai’ dan Pergundikan Pada Masa Hindia Belanda

Kehidupan ‘Nyai’ dan Pergundikan Pada Masa Hindia Belanda Bab I. Pendahuluan A. Latar Belakang Masalah Cornelis de Houtman pada tahun 1596 beserta armadanya berhasil...
Agus Salim
5 min read

Leave a Reply