Pengertian Barista dan Ruang Lingkup Kerjanya

48 sec read

Barista dan Pengertian orang dan profesi pembuat kopi

Barista merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Italia yakni Bartender. Kata ini merujuk pada orang yang memiliki peran menyajikan kopi berbasis Espresso di cafe. Berbeda dengan kedai kopi kopi biasa yang membuat kopi dengan cara diseduh, barista lebih khusus pada menu kopi yang terbuat dari espresso baik itu mesin maupun manual.

Pengertian Barista

Sebagaimana asal katanya, Barista merupakan orang yang mampu meracik minuman. Pada awalnya tidak khusus pada kopi melainkan semua minuman mulai dari Minuman Base Alkohol sampai pada teh. Dengan demikian semua yang menyediakan minuman dapat disebut sebagai Barista.

Spesialisasi kata Barista baru dilakukan pada saat orang-orang amerika mulai ikut keranjingan minum kopi dan demam budaya minum kopi orang italia. Kata Barista hanya ditujukan pada orang yang membuat kopi.

Kompetensi Standar

Seorang barsitas dipekerjakan tidak sebatas sebagai orang yang bertanggung ajwab di belakang bar dengan tujuan membuat minuman. Komptensi yang diharapkan dari seorang barista meliputi

  1. Proses Budidaya Kopi
  2. Penyimpanan
  3. Pengeringan
  4. Pemanggangan (Roasting)
  5. Penggilingan Kopi
  6. Pengemasan
  7. Ekstraksi Espresso
  8. Suhu Optimal
  9. Resep Kopi Espresso Base
  10. Membuat Foaming Susu
  11. Mengoperasikan dan Mearat Mesin Kopi
  12. Latte Art
  13. Penanganan sisa minuman kopi (Disposal dan Recycling)

Kalibrasi Rasa

Kopi adalah minuman unik yang memiliki banyak rasa. Perbedaan rasa dari kopi ini muncul akibat dari banyak parameter mulai dari variatas, faktor budidaya, penanganan pasca panen. Dengan demikian seorang barista diaharpakan memiliki indra perasa yang sensistif sehingga bisa merasakan perbedaan untuk masing-masing kopi.

Leave a Reply