Bentuk Umum Struktur Jabatan Perhotelan – Hotel Besar dan Modern

2 min read

Cewek hijab Manis Kaos Tipis cantik di kamar Hotel

Struktur jabatan Perhotelan adalah bentuk organisasi manajemen yang mengelola kegiatan bisnis perhotelan. Struktur merupakan organisasi yang membantu hotel dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Struktur Jabatan Hotel

Sistem perhotelan modern kebanyakan di adopsi dari negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika. Hal ini membuat banyak hal yang mungkin terdengar berbeda khususnya pada struktur jabatan Hotel. Misalnya jika kebanyakan negara Erope mengunakan istilah Manager, di Perancis sendiri lebih memilih menggunakan istilahh Director. Selain itu ada istilah Chief, namun pada umum-nya dari segi struktur organisasi di setiap hotel modern hampir sama.

Adapun struktur jabatan hotel sebagai berikut!

1. General Manager

GM adalah pimpinan pucuk dari struktur organisasi di hotel yang menjadi orang yang bertanggung jawab atas seluruh pelayanan dan penyelengaraan yang dilakukan oleh sebuah hotel. Posisinya bisa dikatakan sebagai wakil dari kepentingan pemilik hotel.

Tugas dari dari GM secara khusus adalah membuat dan melakasanakan kebijakan yang dapat mengangkat popularitas dan pendapatan dari hotel. Memaksimalkan potensi jasa dan produk yang terjual seperti penjualan food and beverages dan juga sewa kamar hotel.

Peran General Manager dari hotel adalah menjalankan dan memastikan seluruh kebijakan diterapkan mulai dari fungsi-fungsi manajerial seperti :

  1. Perencaan Program
  2. Pengambilan Keputusan
  3. Peng-Organisasian
  4. Pengaturan Stafff
  5. Pengawasan
  6. Pengarahan
  7. Komunikasi
  8. Evaluasi Program
  9. Peningkatan kompetensi serta Pelayanan Karyawan

2. Assistant General Manager

Assmen atau Asisten Maanager adalah orang yang memiliki tugas membantu General Manager dalam melaksanakan tugas-tugas teknis dalam kegiatan harian hotel. Assmen umumnya memiliki tugas membantu seluruh tugas-tigas manajerial yang sudah disusun oleh General Manager bersama dengan pemilik hotel dan membantu GM dalam memastikan semua kegiatan sudah pada jalurnya.


3. Controller

Merupakan akuntan internal hotel. pemegang jabatan ini bertanggung jawab atas efektifitas pengelolaan administrasi dan penyajian data keuangan yang disusun setiap hari. Status keuangan memang harus tersedia setiap hari agar corporate owner dan manajemen dapat mengakses ketika memerlukannya.

4. Plant Engineer

Adalah pejabat yang bertanggung jawab atas pemeliharaan,pengelolaan, dan perbaikanseluruh          aset, seperti gedung beserta ornamennya, hotel, perlengkapan mekanik dan elektronik, dan juga          energi hotel. plant engineer memiliki tim solid yang terdiri dari ahli listrik, plumber, mekanik,            kontraktot alat pemanas, ventilasi, dan pendingin ruangan.

5. Executive Housekeeper

Bertanggung jawab atas kebersihan kamar tamu dan area umum yang dimiliki hotel. EH adalah jabatan yang memerlukan kerja keras dengan mengarahkan seluruh kekuatan karyawan Housekeeping untuk mencapai keberhasilan tugasnya. EH harus memastikan bahwa stok perlengkapan kamar, peralatan, dan bahan pembersih selalu tersedia.

6. Human Resources Manager

adalah pejabat yang diharapkan selalu mampu untuk mengelola sumber daya manusia untuk keberhasilan hotel. HRD Manager harus menguasai hukum dan perundang undangan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, baik lokal maupun nasional. tugas lain yang tidak kalah pentingnya antara lain menerima dan mengangkat pegawai baru, menyelenggarakan semua administrasi kepegawaian dan kegiatan karyawan, serta mengadakan pelatihan terhadap karyawan.

7. Marketing And Sales Director

adalah pejabat kunci yang menentukan keberhasilan hotel dalam menjual produk produknya ke konsumen. pemasaran yang efektif dan efisien perlu direncanakan oleh manajer pemasaran. dia juga harus menerapkan strategi jitu agar konsumen mau datang dan menginap dihotel. selain menginap dihotel tamu juga diarahkan untuk menggunakan produk dan layanan lainnya.

8. Food And Beverage Manager

Sesuai dengan namanya, F & B Manager adalah orang yang bertanggung jawab atas sajian menu makanan dan minuman yang ada di hotel. Hal-hal yang menjadi konsern FnB Manager

makanan dan minuman merupakan pendapatan terbesar kedua setelah kamar. Oleh karna itu seorang Food And Beverage Manager perlu mengelola Departemen F & B agar dapat menyajikan maknan dan minuman berkualitas yang disenangi oleh tamu.

9. Front Office Manager

kantor depan adalah departemen sentral yang menjadi penghubung departemen lain. Oleh karna itu Front Office MAnager adlah orang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif dan efisien.

10. Security Director

bertanggung jawab atas keamanan hotel secara keseluruhan. ruang lingkup pengamanan hotel meliputi para karyawan, para tamu, dan aset hotel. security hotel perlu menciptakan kondisi hotel yang aman sehingga tamu nyaman tinggal dihotel dan para karyawan dapat bekerja dengan nyaman.

Cewek Pemijat Hotel Manis Cantik Dress Hitam
CEwek Hijab Staycation di Hotel manis

Organisasai Kepariwisataan – Tingkat Dunia sampai Level Nasional

Organisasai Kepariwisataan Untuk melakukan sistem usaha yang berhasil perlu mengetahui struktur organisasi dari sistem tersebut. Sistem paariwisata beroperasi dalam 3 tingkat. Secara Internasional, nasional,...
Wahidah Rahmah
6 min read

Seksi-Seksi Housekeeping Department

Housekeeping department adalah unit pada sistem managemen hotel yang memiliki fungsi dan tugas dalam menjaga kebersihan, kerapian, kelengkapan dan keamanan di seluruh area hotel....
Wahidah Rahmah
2 min read

Leave a Reply